Dewan dan Biro Ambalan Pramuka MAN 1 Yogyakarta Melaksanakan Program Kerja Kegiatan: Kerja Bakti Akbar

28 Feb 2024, 19:18 MAN 1 Yogyakarta 251

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Setelah kegiatan latihan rutin tentang PPGD atau Pertolongan Pertama Gawat Darurat yang dilaksanakan pada hari Jumat (23/2/2024), Pramuka MAN 1 Yogyakarta kembali hadir dengan program kerja selanjutnya, yakni Kerja Bakti Akbar yang dilaksanakan pada hari Sabtu (24/2/2024) pagi.

Kerja Bakti Akbar merupakan salah satu program kerja yang dimiliki pramuka MAN 1 Yogyakarta yang memiliki tujuan untuk mencatat dan merapikan barang-barang yang disimpan supaya barang-barang tersebut menjadi lebih terorganisir. Kegiatan Kerja Bakti Akbar ini dilakukan di gudang MAN 1 Yogyakarta serta ruang sanggar pramuka yang berada di gedung SBSN.

Kegiatan ini dimulai dengan mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam gudang ke lorong kelas. Setelah itu, barang-barang tersebut dihitung jumlahnya, difoto, dan kemudian dicatat. Setelah semua barang dimasukkan ke dalam data, para Dewan dan Biro Ambalan menata kembali barang-barang itu ke dalam gudang. Sampah-sampah dan debu yang tersisa di lorong kelas juga kemudian disapu, sehingga kegiatan kerja bakti ini tidak mengotori lorong kelas. 

Berpindah ke ruang sanggar, para Dewan dan Biro Ambalan mulai menghitung barang-barang yang ada di asana dengan teliti kemudian jumlahnya didata. Barang yang tercampur dipilah kembali kemudian ditata ulang. 

Setelah dirapikan dan ditata kembali, gedung dan asana tempat menyimpan barang-barang tersebut kini terlihat lebih tertata rapi. Barang-barang yang tadinya berantakan dan tercampur kini telah tertata sesuai jenisnya. Selain itu, tujuan menghitung jumlah barang yakni agar dapat diketahui jumlah pasti dari barang yang dimiliki, sehingga jika sewaktu-waktu ada keperluan yang membutuhkan barang tersebut, dapat mempersiapkan persediaan barang sesuai jumlahnya. 

Kegiatan Kerja Bakti Akbar ini kemudian selesai saat waktu salat Zuhur. Para Dewan dan Biro Ambalan yang hadir saling berterima kasih dan berpamitan, kemudian kembali ke rumah masing-masing. (nrn)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54