Dari Sejarah Hingga Penggunaannya: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kembali Kunjungi Museum Sandi, Mendapatkan Banyak Pembelajaran

31 Oct 2023, 19:25 MAN 1 Yogyakarta 219

this used to be photo

Dari Sejarah Hingga Penggunaannya: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kembali Kunjungi Museum Sandi, Mendapatkan Banyak Pembelajaran

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Dalam rangka melanjutkan Latihan Rutin ke-7 dengan materi mengenai Pengenalan Sandi pada Jumat (27/10/2023), Pramuka MAN 1 Yogyakarta berkunjung ke Museum Sandi untuk yang kedua kalinya. Mereka mempelajari sejarah sandi hingga bagaimana penggunaan sandi dahulu maupun sekarang. 

Sama halnya dengan Kunjungan Museum kemarin, kloter yang sebelumnya mendapatkan materi di madrasah pada kali ini berkesempatan untuk mengunjungi Museum Sandi. Sebaliknya, mereka yang telah mengunjungi Museum Sandi kali ini melaksanakan materi di madrasah untuk mempelajari sandi kepramukaan dan mengerjakan soal sandi.

Kegiatan larut dibuka oleh Kak Dina Wahyuningtyas, S.Pd selaku Ketua Gugus Depan 03-052. Selanjutnya Peserta Didik Kelas X langsung bergabung dengan kloter masing-masing yang didampingi oleh Kakak Pandu.

Peserta Didik Kelas X yang melakukan kunjungan ke museum terlihat sangat antusias. “Seru banget Kak, selesai acara apresiasi tahfidz dan seminar moderasi beragama langsung ke Musem Sandi,“ ucapnya. Peserta Didik Kelas X yang mendapat materi di MAN 1 Yogyakarta tak kalah antusiasnya, mereka mengerjakan challenge dalam beberapa pos agar mendapatkan soal-soal sandi lalu memecahkannya dengan ketelitian dan kerja sama dalam satu sangga.

Kegiatan ini diakhiri dengan apel penutupan oleh Kak Dina Wahyuningtyas, S.Pd selaku Ketua Gugus Depan 03-052. Ia berpesan, "Ambilah pelajaran dari kegiatan latihan rutin kali ini, semoga ke depannya pelajaran sandi baik di sekolah maupun di museum ini dapat kalian praktikkan jika kalian membutuhkannya. Hati-hati dan tetap semangat karena kita harus kembali ke sekolah kita tercinta.”

Setelah amanat dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari Pramuka MAN 1 Yogyakarta kepada Museum Sandi.

Latihan Rutin berjalan dengan lancar dan dipenuhi kegembiraan. Kegiatan dan pembelajaran baru bagi Pramuka MAN 1 Yogyakarta. Kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi. (ak/amz)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54