Dari Morse hingga Enigma: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kunjungi Museum Sandi, Memahami Sejarah Rahasia Kriptografi

22 Oct 2023, 11:57 MAN 1 Yogyakarta 332

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Dalam rangka Latihan Rutin ke-7 dengan pengenalan materi tentang Sandi pada Jumat (20/10/23), Pramuka MAN 1 Yogyakarta berkunjung ke Museum Sandi. Pengenalan materi sandi tidak hanya memperkenalkan sandi di kepramukaan seperti sandi rumput, sandi kotak dan lain sebagainya, namun turut memperkenalkan bagaimana sejarah persandian di dunia secara umum dan Indonesia secara khusus. 

Materi ini dilaksanakan selama 2 pekan, yakni hari ini Jumat (20/10/23) dan Jumat dipertemuan selanjutnya dengan pembagian kloter untuk Peserta Didik Kelas X. Kloter pertama berjumlah 5 kelas yang melaksanakan kunjungan langsung ke Museum Sandi. Di sana mereka mempelajari bagaimana sejarah persandian di dunia dan di Indonesia. Kloter kedua berjumlah 4 kelas melaksanakan materi di MAN 1 Yogyakarta untuk mempelajari sandi kepramukaan dan mengerjakan _quiz_ sandi.

Kegiatan larut dibuka oleh Kak Yudistiro Adhi Nugroho, S.S. selaku Ketua Gugus Depan 03-051. Selanjutnya Peserta Didik Kelas X langsung bergabung dengan kloter masing-masing yang dipandu oleh Kakak Pandu.

Peserta Didik Kelas X yang melakukan kunjungan ke museum terlihat sangat antusias. Para Peserta Didik dijelaskan oleh petugas museum terkait apa yang ada di Museum Sandi, salah satunya mereka mempelajari sejarah perkembangan kriptografi serta kisah para pejuang merebut kembali kedaulatan pasca Agresi Militer ke-2 Belanda. Peserta Didik Kelas X yang mendapat materi di MAN 1 Yogyakarta tak kalah antusiasnya, mereka mempelajari dan memecahkan sandi dengan teliti dan kompak dalam satu sangga. 

Kegiatan ini diakhiri dengan apel penutupan oleh Kak Yudistiro Adhi Nugroho, S.S. selaku Ketua Gugus Depan 03-051. "Semoga kalian mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, kalau kalian memiliki niat serius untuk mencari ilmu maka akan mudah menerima ilmu tersebut. Semoga kalian bisa mendapat ilmu yang berkah dan bisa tidaknya menyelesaikan masalah itu dari Allah, yang penting kalian dapat ilmu-Nya dan mendapatkan rahmat-Nya," pesannya. 

Latihan Rutin hari ini berjalan dengan lancar dan dipenuhi kegembiraan. Kegiatan baru bagi Peserta Didik Kelas X MAN 1 Yogyakarta. Kegiatan ini ditutup dengan sesi dokumentasi. (amz)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54