Cegah Narkoba dengan Teknologi Digital, Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara I RB Fest

24 Sep 2023, 06:40 MAN 1 Yogyakarta 394

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yk) -- Prestasi gemilang kembali ditorehkan siswa MAN 1 Yogyakarta. Latifah Aulia (Kelas XI PK Putri), Annaya Ardini A (Kelas XI F), dan Desvida Syifa R (Kelas XI D) yang tergabung dalam Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta, berhasil menyabet juara I pada ajang Raja Bandar UGM Festival 2023 (RB Fest 2023).

Raja Bandar UGM merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang didirikan UGM sejak tahun 2014, salah satu komunitas yang aktif bergerak di bidang sosial dan pendidikan terkait NAPZA dan rokok.

RB Fest 2023 merupakan salah satu cara mengkampanyekan gerakan anti narkoba di kalangan generasi muda dengan menggelar kompetisi video pendek pencegahan narkoba. Gerakan ini perlu terus dilakukan secara masif karena besarnya bahaya narkoba bagi kemajuan sebuah bangsa.

Tim MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih juara I pada kompetisi tingkat propinsi tersebut setelah menyisihkan peserta lain dari kalangan mahasiswa dan pelajar.

Tema RB Fest 2023 adalah Gen Z War on Drug in Era Society 5,0. Latifah dkk meraih juara dengan video yang dibuat dan diunggah di Instagram dengan tema “Pencegahan Narkoba melalui pemanfaatan teknologi digital”.

Komponen penilaian adalah konten video dan jumlah like dari video yang diunggah.
Saat ditanya kesan yang dirasakan, Latifah dkk mengaku sangat senang bukan hanya karena kejuaraanya, tetapi juga sudah dapat berkontribusi dalam pencegahan narkoba.

“Sedang sekali karena dapat berkontribusi dalam mencegah narkoba, tambah senang lagi karena dapat juara dan hadiah,” ujarnya sambil tersenyum ceria.

Soeprastyono Nugroho, Waka Kesiswaan MAN 1 Yogyakarta, saat dihubungi terpisah menyatakan sangat bersyukur siswa-siswa MAN 1 Yogyakarta terus berprestasi. Satgas Anti Narkoba “Galaksi” MAN 1 Yogyakarta yang biasa disebut Satgas Galaksi dibentuk antara lain untuk mengkampanyaken pencegahan narkoba di kalangan pelajar.

“Semoga prestasi ini menjadi inspirasi siswa-siswa lain untuk tidak lelah berprestasi di MAN 1 Yogyakarta,” harapnya. (syt)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50