Buah Kegigihan, Daffa Putera, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Kreatif Nasional

12 May 2022, 01:57 MAN 1 Yogyakarta 552

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yk) — Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Sebuah ungkapan yang sekiranya telah dibuktikan oleh Daffa Putera Tyan Adinata, siswa kelas X MIPA 4 MAN 1 Yogyakarta, yang telah berhasil meraih juara pertama ajang lomba karya tulis kreatif tingkat nasional. Daffa, sebagaimana ia biasa dipanggil, menyabet gelar juara satu pada lomba yang diadakan oleh STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Senin (9/5/2022). 

Lomba Karya Tulis Kreatif Nasional merupakan event tahunan dari STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. Kompetisi yang tergolong dalam kategori jurnalis ini meminta peserta untuk menceritakan pengelaman mereka sekreatif mungkin dengan tema ”Ramadan Terbaikku”.

Daffa menjelaskan jika ia membuat cerita dengan judul ”My Different Ramadan”. Cerita yang terinspirasi dari kajian rutin yang pernah diikuti sang penulis ini mengangkat cerita dari pengalaman personal sang penulis dalam menjalani ramadan yang berbeda di tahun 2022 ini.

“Perasaan saya sangat senang sekali. Setelah sekian lama mengikuti kompetisi pada bidang jurnalistik, akhirnya saya berhasil mendapatkan juara 1 dan menjadi yang terbaik di antara yang terbaik,” ungkap putra pasangan Dedi Nono Hariono dan Bettarani Yan Handayani ini.

Persiapan yang matang membuat Daffa menjadi lebih mudah dalam menyusun cerita dan mengingat-ingat detail dari setiap kejadian yang ingin ditulis. Daffa juga mengungkapkan jika terkadang ia menemui hambatan berupa buntunya ide dan pikiran saat sedang menulis cerita.

”Apabila pikiran saya sedang buntu dan tidak punya ide untuk dituangkan (dalam tulisan) maka saya akan rehat sejenak sampai pikiran saya tenang kembali,” tambah siswa yang bercita-cita menjadi dokter suatu saat nanti.

Daffa berharap jika prestasi yang ia dapatkan ini akan menjadi awal dari prestasi-prestasi selanjutnya, sehingga ia dapat membanggakan kedua orangtua serta turut mengharumkan nama madrasah.

Benar-benar harapan yang mulia dari Daffa Putera Tyan Adinata. Semoga segala kegigihan dan ikhtiar dalam setiap kebaikan yang kita lakukan akan selalu mendapat kemudahan dari Allah SWT. (bai/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21