Bersiap Menuju Kelas Dunia, MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Penguatan Berbahasa Inggris

30 Mar 2022, 13:24 MAN 1 Yogyakarta 551

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam rangka berproses menuju madrasah berkelas dunia, MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan berbagai aktivitas untuk menunjang terciptanya atmosfer madrasah berkelas dunia.

Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah penyelenggaraan program penguatan kompetensi Bahasa Inggris untuk semua siswa kelas XI baik dari program MIPA, IPS, Bahasa dan Program Keagamaan berjumlah 240 siswa terdiri dari siswa putera dan puteri. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Senin-Selasa, 28-29 Maret 2022.

Kegiatan ini bekerja sama dengan "Kampung Inggris Jogja" sebuah lembaga pendidikan Bahasa Inggris yang telah terpercaya mampu meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris.

Empat (4) instruktur Bahasa Inggris yang handal yaitu Muhammad Arif, Olivia Yunita, Muhammad Zaenuri, dan Ahmad Baihaqi Arsyad dengan metode pengajaran yang menyenangkan dapat membuat suasana menjadi selalu segar dan tidak jenuh. 

“Siswa siswi MAN 1 Yogyakarta hebat-hebat... dikasih tantangan sedikit saja, mereka bisa mengembangkannya dengan sangat bagus,” ujar Ahmad Baihaqi Arsyad  atau yang dikenal dengan Mr. Arsyad itu, saat memberi sambutan. 

Untuk materi pembelajarannya adalah Speaking, Grammar, Pronunciation dan Vocabulary. Untuk speaking adalah kelas khusus untuk bisa berkomukasi dalam bahasa Inggris secara verbal, di kelas ini siswa mendapat pembekalan dan teknik pembiasaan bercakap-cakap secara aktif berbahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari dengan mudah. Target kelas ini adalah siswa bisa menceritakan tema tertentu kepada orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris yang simpel dan mudah dipahami. 

Untuk Grammar adalah kelas yang berfokus pada materi tata bahasa Inggris agar siswa bisa merangkai kalimat dengan benar, baik secara tulisan maupun pengucapan. Yang menarik dalam kelas ini adalah menggunakan metode pembelajaran yang fun dan tidak membosankan, seperti menggunakan lagu-lagu untuk menghafal rumus tenses.

Untuk pronunciation adalah kelas khusus yang mempelajari cara pengucapan bahasa inggris dengan berbagai logat, teknik mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan logat british/american asli. Melatih kelancaran pengucapan kata dengan metode lagu rap dan tongue twister. Targetnya siswa bisa mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan logat asli native yang tidak medok. 
Dan untuk vocabulary adalah kelas untuk menambah kekayaan kosa kata. Metodenya adalah dengan cara menghafal serta minta siswa untuk bisa mengembangkan kata tersebut menjadi kalimat dan rangkaian cerita.

Dalam acara penutupan kegiatan, Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, berharap para siswa untuk terus menguatkan kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

“Penguasaan bahasa Inggris akan membantu dan menunjang siswa dalam bidang sains dan studi lanjut, baik di dalam maupun di luar negeri,” harapnya. (srn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54