Beradaptasi dengan Regulasi Baru, MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Workshop Administrasi Pembelajaran

07 Aug 2017, 19:11 MAN 1 Yogyakarta 972

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Kurikulum yang menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran menempati peran penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Sementara itu dengan dinamikanya, kurikulum sekolah atau madrasah tersebut terus mengalami perubahan dan penyempurnaan, demi mendapatkan sistem yang tepat, serta beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Mengingat akan pentingnya hal tersebut, MAN 1 Yogyakarta selenggarakan Workshop Administrasi Pembelajaran, Sabtu(5/8), di Aula lantai 2. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, dengan menghadirkan narasumber Widyaiswara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta Dr.Agus Wasisto Doso Warso, M.Pd.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengatakan, regulasi baru terkait perubahan atau revisi kurikulum harus senantiasa diikuti dan diadaptasi agar tujuan pendidikan bisa dicapai dengan maksimal. “Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bapak ibu guru,”harapnya saat membuka kegiatan ini.

Sementara itu Agus Wasisto Doso Warso mengungkapkan, selama ini pembelajaran masih konvensional dan berbasis konten, serta belum melibatkan keterlibatan peserta didik dan belum banyak memberikan ruang kreatifitas kepada mereka.

Padahal kata Agus, tidak semua siswa dapat maksimal dengan model ceramah, sehingga para peserta didik menjadi pasif, serta cara tersebut cenderung mengkotak-kotakan siswa dan lebih menekankan pada hasil dibandingkan proses. Kemudian hasil belajar lanjutnya, adalah berupa pengetahuan, sementara yang diperoleh mudah dilupakan.

Untuk itu ia mendorong, agar pembelajaran mengaju pada peraturan pemerintah nomor 22 tahun 2016, yakni proses pembelajaran dilakukan pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, membuat anak senang, menantang, dan memotivasi.

Workshop yang digelar siang itu berlangsung dengan lancar. Usai penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para guru madrasah tersebut. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21