Bekerja Sama dengan UGM, MAN1 Yogya Adakan Penyuluhan Kesehatan Remaja Terintegrasi

11 Jun 2024, 16:06 MAN 1 Yogyakarta 183

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Departemen Dermatologi dan Venerologi Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bersama dengan MAN 1 Yogyakarta mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan remaja terintegrasi, Selasa (11/6/2024) di Aula MAN 1 Yogyakarta.

Pada kegiatan ini, 50 siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta diberikan penjelasan mengenai kesehatan kulit, IMS dan HIV, mental, dan perilaku remaja serta nutrisi untuk kesehatan remaja. Seluruh materi tersebut disampaikan oleh para dokter dari Departemen Dermatologi dan Venereologi UGM.

Kegiatan ini selain untuk penyuluhan kesehatan juga bertujuan untuk membentuk peer educator atau teman sebaya untuk kesehatan. Sebagaimana disampaikan oleh dr. Winengku dalam materinya, peer educator merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan remaja karena usia mereka sebaya sehingga mudah dalam berkomunikasi. 

Dalam sesi dialog, dokter yang ramah tersebut menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan ketika ada teman curhat supaya teman yang bermasalah merasa nyaman.

Rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat ini selain memberikan penyuluhan juga mengadakan lomba video konten yang berhadiah jutaan untuk siswa MAN 1 Yogyakarta. 

Ditemui di tengah-tengah acara, Hafiz Adib Nawfal, Ketua OSIS MAN 1 Yogyakarta mengatakan, “Acara hari ini sangat seru dan sangat mengedukasi dimana ilmu yang diberikan berbeda dari acara-acara  biasanya. Dari kegiatan ini kita jadi lebih mengetahui pemakaian, penggunaan dan antisipasi perawatan kulit, yang tentunya hal-hal ini sering kita lakukan setiap harinya. Cara pembawaan dari pemateri juga sangat interaktif sehingga tidak membosankan peserta yang mengikutinya.” (end)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Berbagi Pengalaman dan Ilmu Baru, Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Study Discussion
26 Jul 2024, 21:27

Demi Lanjutkan Prestasi Apik di OSN dan KSM, MAN 1 Yogyakarta Jaring Anggota Baru
26 Jul 2024, 21:19

Siapkan Studi Lanjut Luar Negeri, MAN 1 Yogyakarta Gandeng English Academy Ruang Guru
26 Jul 2024, 19:59

Suarakan Aspirasi, MPS MAN 1 Yogyakarta Gelar Sarasehan Aspirasi Siswa
26 Jul 2024, 08:06

Delegasi Raicab Pramuka MAN 1 Yogyakarta Berbagi Pengalaman Usai Upacara Penerimaan Duta Ambalan
25 Jul 2024, 17:05