Baksos MAN 1 Yogyakarta Kuatkan Komunikasi dengan Masyarakat

23 Jul 2017, 16:10 MAN 1 Yogyakarta 1176

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) – Lingkungan sekitar madrasah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam cipta kondisi lingkungan madrasah. Komunikasi keduanya pun harus terbangun dengan baik. Kehadiran masyarakat menjadi salah satu faktor terciptanya lingkungan madrasah yang kondusif untuk belajar.

Mengingat akan pentingya peranan masyarakat terhadap madrasah, MAN 1 Yogyakarta selenggarakan Baksos, Jumat(21/7) pagi di delapan masjid sekitar kampus madrasah yaitu Masjid Baitul Hikmah, Masjid Al-Mabrur, Masjid Al-Hasanah, Masjid Al-Fitrah, Masjid As-Salam, Masjid Al-Mustaqim, Masjid Cokrokusuman, dan Masjid Nurul Iman.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas X dengan didampingi oleh wali kelas dan panitia dari siswa. Acara berlangsung mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Koordinator Masa Ta’aaruf Siswa Madrasah(Matsama) Tuslikhatun Amimah, M.Pd.I. mengatakan, kegiatan ini telah menjadi agenda rutin tiap tahun dan mendapat respon positif dari masyarakat. Menurutnya, masjid menjadi tempat yang tepat untuk pelaksanaan Baksos kali ini. Lanjutnya, menumbuhkan kepedulian dan kecintaan siswa terhadap masjid yang menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan yang turut memawarnai lingkungan masyarakat.

Moment tersebut sangatlah tepat kata Amimah, demikian sapaan akrabnya, untuk siswa baru yang sedang mengikuti kegiatan Matsama pekan ini. Adapun kegiatan baksos yang digelar pagi itu yaitu membersihkan dan menertibkan masjid, serta memberikan bantuan berupa kitab Al-Quran, sarung, dan mukena.

Tampak, para peserta Baksos mengikuti kegiatan tersebut penuh antusias. Mereka bekerjasama dengan pengurus masjid setempat yang kebetulan bertepatan persiapan sholat Jumat.

Selain Baksos yang diikuti oleh siswa baru, digelar juga kajian fiqhun nisa’ khusus untuk siswi, jelang waktu Sholat Jumat, dengan narasumber Yayuk Istirakhah, S.Ag., di Aul lantai 2. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54