Apel Pagi MAN 1 Yogyakarta:Memaknai Cerdas Intelektual dan Spiritual

13 Mar 2017, 16:46 MAN 1 Yogyakarta 2226

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1YK)-Mengawali Kegiatan Belajar Mengajar(KBM), usai pelaksanaan Penilaian Tengah Semester(PTS) yang berlangsung selama seminggu, MAN 1 Yogyakarta selenggarakan Apel Pagi, dengan pembina upacara Drs.H.Dadang Suyono, M.S.I. Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana, Senin(13/3)pagi, di lapangan upacara.

Tampak para siswa berbaris rapi, dengan seragam putih abu-abu, lengkap dengan jas almamater berwarna biru, serta peci hitam bagi siswa putra. Adapun guru pegawai mengenakan seragam hitam putih.

Pembina Upacara Dadang Suyono memaparkan, betapa harapan, cita-cita, visi dan misi madrasah ini sangat mulia. “Mansatu prestasi Tiada Henti, Cerdas Dan Islami,”kata dadang mengucapkan motto atau slogan MAN 1 Yogyakarta.

Menurutnya kata “cerdas” tidak hanya sekedar cerdas secara intelektual saja, akan tetapi juga cerdas secara spiritual. Cerdas secara spiritual menurutnya, ingat akan kematian yang akan terjadi pada setiap manusia dan seluruh makhluk hidup. “Orang yang ingat kematian, dipastikan akan selalu berhati-hati dan mempertimbangkan segala amal perbuatannya,”terangnya.

Selain itu kata Dadang, MAN 1 Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan, madarasah ini memgemban tugas dan amanat, untuk dapat mengantarkan para siswa menjadi insan yang muttaqin, cerdas, dan berkualitas. Ungkapnya, dewasa ini madrasah tempat ia mengabdi telah berkibar, baik tingkat nasional maupun internasional. Bahkan sedikitnya ada 36 doktor berasal dari alumni MAN 1 Yogyakarta.

Tradisi yang baik kata Dadang, setiap prestasi yang diraih oleh para siswa atau segenap civitas akademika MAN 1 Yogyakarta selalu mendapatkan apresiasi. “Agar ditiru dan disusul oleh adik-adik kelas, seperti deretan piala yang ada di belakang saya ini,”kata sambil menunjuk ke arah piala-piala yang tertata di atas meja.

Dadang menambahkan, sebuah kebenaran logika. “Mansatu itu baik, maka yang belum baik agar memperbaiki diri supaya menjadi baik,”pintanya.


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54