Antusiasme Sholat Dhuhur Berjamaah dan Sholat Dhuha di MAN 1 Yogyakarta

10 Feb 2017, 07:28 MAN 1 Yogyakarta 1111

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK) -- Visi MAN 1 Yogyakarta adalah Unggul, Ilmiah, Amaliah, Ibadah, dan Bertanggung jawab (Ulil Albab) yaitu terwujudnya lulusan madrasah yang unggul di bidang imtaq dan iptek. Berpikir ilmiah, mampu mengamalkan ajaran agama, tekun beribadah, bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan pelestarian lingkungan. Sedangkan misi madrasah adalah menumbuhkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjdai pedoman hidup.

Ragam kegiatan dan program yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunyapembiasaansholat dhuhur berjamaah.Tampak saat adzan dhuhur dikumandangkan, semua civitas madrasah ini secara serempak berjamaah di masjid Al-Hakim. Selama pelaksanaan sholat dhuhur, gerbang utama dan pelayanan MAN 1 Yogyakarta ditutup dari jam 11.45-12.10 WIB.

Kegiatan sholat dhuhur berjamaah ini mendapatkan antusiasme siswa yang luar biasa. Tanpa diingatkan atau bahkan dikejar-kejar oleh guru, siswa dengan kesadaran sendiri segera berebut mengambil air wudhu dan menempatkan diri di shaf masing-masing.

Walaupun hal ini sebelumnya juga diawali dengan sosialisasi melalui pembinaan wali kelas serta guru-guru agama terkait dengan program pembentukan karakter ini. Pemantauan pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah bagi siswa dilakukan dengan presensi di tiap kelas. Siswa menandatangani presensi tersebut secara mandiri untuk melatih kejujuran, yang kemudian laporan presensi tersebut diserahkan kepada wali kelas, guru PAI, dan guru BK untuk dilakukan pembinaan bagi siswa yang belum melaksanakan sholat dhuhur berjamaah.

Selain kegiatan sholat dhuhur berjamaah, juga dilaksanakan sholat dhuha berjamaah. Kegiatan sholat dhuha berjamaah ini merupakan awal pembiasaan bagi siswa untuk dapat selalu melaksanakan sholat dhuha sebagai bentuk ibadah sunah sehari-hari.

Ketua Prodi Agama MAN 1 Yogyakarta M.Amin, MA. menjelaskan, setiap kelas dibentuk seksi ibadah dengan tugas selalu mengajak dan mengingatkan teman sekelasnya dalam melaksanakan ibadah. “Ujian praktik bagi siswa kelas XII meliputi materi pengetahuan tentang sholat dhuha, sholat jenazah atau sholat ghaib, dan sholat Jum’at,”imbuhnya, selasa(8/2). (wk/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01