42 Siswa MAN 1 Yogyakarta Diterima di PTN Tanpa Tes dan 2 Siswa Raih Beasiswa Full Study

31 Mar 2022, 02:34 MAN 1 Yogyakarta 1463

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Sejumlah 42 siswa MAN 1 Yogyakarta diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) tahun 2022. SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi menggunakan nilai raport dan prestasi akademik. SNMPTN diikuti oleh siswa-siswi kelas 12 SMA/SMK/MA sederajat seluruh Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu. Setelah melalui seleksi nilai raport dan prestasi akademik, Rabu (29/03/2022) merupakan pengumuman hasil seleksi SNMPTN. 

MAN 1 Yogyakarta menjadi salah satu madrasah yang mengikuti proses seleksi SNMPTN. Sejumlah 103 siswa berkesempatan mengikuti seleksi SNMPTN dan 42 diantara diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Madrasah ini sukses mengantarkan 42 siswa lolos di berbagai universitas negeri, diantaranya 29 siswa di Universitas Gadjah Mada (UGM), 6 siswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 2 siswa di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, 2 siswa di Universitas Brawijaya (UB), 1 siswa di Universitas Diponegoro (UNDIP), 1 siswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, dan 1 siswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo. Ragam jurusannya pun berbeda-beda, diantaranya Psikologi, Ilmu Hukum, Kedokteran Hewan, Ilmu Keperawatan, Sastra Inggris, dan jurusan-jurusan favorit lainnya.

Selain diterima di Perguruan Tinggi Negeri, beberapa siswa MAN 1 Yogyakarta telah diterima di Perguruan Tinggi Swasta, diantaranya 2 siswa mendapatkan beasiswa full study dalam Program Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) di Universitas Islam Indonesia (UII) dan 1 siswa di Universitas Pertamina. Melalui program internasional, International Under graduate Program (IUP), satu siswa juga berhasil diterima di Universitas Airlangga.

Pengumuman SNMPTN menjadi awal pembuka dimulainya lembaran baru bagi siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta. Kelak langkah mereka akan menjadi pembuka bagi adik-adik kelas yang masih mengenyam pendidikan di MAN 1 Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menjelaskan, ikhtiar madrasah dalam memberi pelayanan yang terbaik dalam pendidikan dan pengajaran, serta mengantarkan para siswa untuk studi lanjut di perguruan tinggi terwujud.

Lanjutnya, segala upaya telah ditempuh oleh madrasah, untuk memberi pelayanan yang terbaik. Mulai dari seleksi masuk, kemudian pembinaan yang berkelanjutan hingga mempersiapkan para siswa untuk studi lanjut di perguruan tinggi.

“Alhamdulillah, ada 42 Siswa MAN 1 Yogyakarta diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes, semoga ilmu mereka berkah dan bermanfaat," ujarnya saat dihubungi, Rabu (30/03/2022) sore.

Ia berharap, para siswa yang telah diterima untuk tetap belajar dengan gigih. Pasalnya, mereka membawa nama baik madrasah. “Tentu prestasi selama di perguruan tinggi tersebut akan berpengaruh pada adik-adik kelas,” ungkapnya. 

“Semoga terus berprestasi selama kuliah, pupuk dan tingkatkan kreativitas, inovasi-inovasi, dapat ilmu yang barokah, dan kelak memberi manfaat besar pada masyarakat, agama, negara dan bangsa,” pungkasnya. (ksa/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21