Tidak Ada Perpeloncoan di PLM MAN Yogyakarta I

20 Jul 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1022

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I) – Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah/Madrasah (PLS/PLM) bagian yang penting dari proses pendidikan, karena setiap siswa baru dapat mengenal tempat, sistem, disiplin, tata tertib, dan kurikulum berlaku, sebelum mereka mengenyam pendidikan dan pengajaran. PLM di MAN Yogyakarta I berjalan lancar. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari (18 Juli sampai 20 Juli 2016).

Setiap kegiatan ditangani langsung oleh guru dan dibantu oleh Badan Pengurus Harian (BPH) OSIS. Kegiatan yang bertema “Remaja Islami Peduli Lingkungan Hijaukan Nusantara” ini, mempunyai agenda acara yang menarik dan edukatif.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, pihak MAN Yogyakarta I juga bekerjasama dengan pihak luar madrasah, seperti Polisi Sektor Gondokusuman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah,dan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Provinsi D.I. Yogyakarta.

Materi dan acara yang digelar pun beragam, di hari pertama: Pengenalan Kurikulum MAN Yogyakarta I, Kesiswaan, Perlindungan Hak Asasi Remaja, Etika Pergaulan. Hari kedua: Bakti Lingkungan, Remaja Cinta Damai, dan Sosialisasi Siaga Lingkungan Bencana. Kemudian di hari ketiga: sosialisasi Lingkungan Menjaga Lingkungan, dan Lomba Baris Berbaris.

Agar informasi yang disampaikan secara utuh, maka para siswa baru ini, diajak melakukan kunjungan langsung di beberapa tempat penting di lingkungan MAN Yogyakarta I, yaitu masjid, perpustakaan, kantin, dan Laboratorium: Agama, IPS, Fisika, Kimia, Bahasa, dan Biologi.

Salah satu siswa baru Yoga Bingkas Padmo Aji mengaku merasa senang mengikuti kegiatan ini, ia merasa mendapatkan belajar banyak hal, seperti kedisiplinan, ketrampilan, dan bersosialisasi dengan teman. “asyik dan senang, tidak ada kekerasan, apalagi perpeloncoan,”jawab siswa asal Sumatera Utara ini, saat ditanya apakah dalam kegiatan ini ada tindakan kekerasan dan perpeloncoan.

Begitu juga dengan Mutia Rahma Syamila. Siswa asal Sleman Yogyakarta ini, justru ia merasa mendapatkan banyak wawasan baru. “kegiatannya bagus, tidak menakutkan,”ujar siswa yang mengambil jurusan Ilmu Bahasa dan Budaya itu.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46

Peringati Hari Santri, MAN 1 Yogyakarta Adakan Manasik Haji
16 Oct 2024, 00:42