Terus Meningkat, 217 Alumni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2022 Masuk Perguruan Tinggi Favorit

30 Jul 2022, 15:06 MAN 1 Yogyakarta 2760

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Upaya dan kerja keras MAN 1 Yogyakarta dalam memberi layanan pendidikan yang terbaik, terbukti berhasil. Mulai dari seleksi masuk madrasah, pembinaan yang berkelanjutan hingga mempersiapkan para siswa untuk studi lanjut di perguruan tinggi. Hal ini dikuatkan dengan data siswa yang diterima perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tahun 2022.

Hasil penelusuran data siswa diterima di perguruan tinggi tahun 2022 yang dilakukan Bimbingan Konseling Madrasah, terdapat 217 dari 254 siswa kelas XII terkonfirmasi telah diterima perguruan tinggi, sedangkan 37 siswa belum melaporkan diri. 

Para alumnus tahun 2022 tersebut, berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi favourite baik negeri maupun swasta. Antara lain, di perguruan tinggi negeri; Universitas Gadjah Mada (78 siswa), Universitas Indonesia (2 siswa), Universitas Negeri Yogyakarta (22 siswa), Universitas Brawijaya (12 siswa), Universitas Diponegoro (9 siswa), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (17 siswa), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (17 siswa), UIN Walisongo Semarang (3 siswa), UIN Raden Said Surakarta (2 siswa), UIN Sunan Ampel Surabaya (1 siswa), UIN Sunan Gunung Djati (2 siswa), UIN PROF K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto (1 siswa), Institut Pertanian Bogor (3 siswa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (2 siswa), Poltekes Kemenkes Yogyakarta (2 siswa), Universitas Airlangga (2 siswa), Universitas Jenderal Soedirman (3 siswa), Universitas Negeri Jakarta (2 siswa), Universitas Negeri Sebelas Maret (6 siswa), Universitas Negeri Semarang (2 siswa), Universitas Pendidikan Indonesia (1 siswa), Universitas Tidar (1 siswa), Universitas Lampung (1siswa), Universitas Jember (1 siswa), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta (1 siswa), dan Institut Teknologi Bandung (1 siswa). 

Adapun yang diterima di perguruan tinggi swasta; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (6 siswa), Universitas Ahmad Dahlan (7 siswa), Universitas Islam Indonesia (4 siswa), Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (STMM) (2 siswa), Istitut Pendidikan Dan Bahasa Invada Cirebon (1 siswa), AMIKOM Yogyakarta (1 siswa), Telkom University (1 siswa), dan Universitas Pertamina (1 siswa). 

“Alhamdulillah, sangat bersyukur, sekaligus bahagia dan bangga, 90% anak-anak kami diterima di PTN, UGM dan Universitas-Universitas terbaik di Indonesia, bahkan sangat diperhitungkan di posisi internasional, 10% diterima di Perguruan Tinggi Swasta terbaik dan terfavorit. Semua ini tercapai, tak lain karena perjuangan yang gigih dari diri pribadi anak-anak kami, dukungan orang tua terhadap setiap program madrasah yang disambut dengan sangat baik dan berkontribusi untuk menyukseskannya, dukungan dari bapak ibu guru dan pegawai, yang telaten dan sabar mendidik, dukungan dari institusi naungan Kemenag, dan semua pihak,” ujar Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. saat menerima kunjungan silaturrahim para alumnus tahun 2022 yang diterima di UGM, Kamis(28/07/2022) kemarin. 

“Untuk itu, kami sangat berterima kasih. Semoga kesuksesan ini dikuti jejaknya oleh adik-adik kelas, memotivasi belajar adik-adik kelas yang terinspirasi. Doa dari segenap civitas akademika MAN 1 Yogyakarta untuk anak-anak kami yang telah memperoleh bangku kuliah di UGM, Universitas impian, dapat menempuh studi dengan lancar, sukses dan barokah,” harapnya.

Wiranto berharap, para alumnus tersebut menjadi pemimpin yang amanah, profesional di bidang masing-masing, berkontribusi besar kepada lingkungan masyarakat, agama, bangsa, dan negara. Menjadi generasi penerus yang menjadi pusat pembangunan peradaban.

“Selamat dan apresiasi tinggi untuk anak-anak kami, alumni yang diterima di UGM. Tetap rendah hati dan berakhlakul karimah,” pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21