Sukses Jalankan Tugas, Era Halimah Sadiah Siswi MANPK MAN 1 Yogyakarta Anggota Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2023

21 Aug 2023, 14:01 MAN 1 Yogyakarta 680

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Era Halimah Sadiah siswi MANPK MAN 1 Yogyakarta yang berhasil tugas  sebagai anggota Paskibra Kota Yogyakarta. Era berhasil menjalankan tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/08/2023), di Kota Yogyakarta.

“Perasaan saya sendiri pastinya senang sekali karena untuk menjadi anggota paskibra tidak mudah dan saya merasa bangga karena baru satu tahun saya di Jogja dan sudah bisa membuat kenangan yang tidak akan pernah bisa dilupakan,” tuturnya pada wawancara, Sabtu (19/08/23). 

Di balik kesuksesannya menjalankan tugas ada perjuangan yang dijalani. Ia harus bisa membagi waktu antara belajar dan juga latihan. Bahkan, ia sering menggunakan waktu sekolah untuk berlatih, sehingga tidak sedikit materi pelajaran yang tertinggal.  Oleh karena itu sepulang latihan ia langsung mengerjakan tugas sekolah dan juga mengikuti bimbel online untuk mengejar materi pelajaran yang tertinggal. Kendala yang dihadapi tidak hanya itu, ditengah kesibukannya, ia juga harus bisa menjaga kesehatan fisik demi menjalankan tugas dengan baik. 

Menjadi petugas pengibar bendera Kota Yogyakarta tentu menjadi hal yang membanggakan serta sangat berkesan. Bagi Era hal yang berkesan serta masih melekat di ingatan adalah saat dirinya merasa sangat gugup karena bangga bisa menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera setelah melewati banyak lika-liku perjuangan, serta kehadiran ibundanya yang sebelumnya sempat memberi kabar bahwa tidak bisa hadir. “Rasanya campur aduk, ada senang, bangga dan terharu karena bisa mengibarkan bendera duplikat,” ungkapnya. 

Kegiatan pengibaran bendera kemarin bukan berarti tugas sebagai pasukan pengibar telah usai, Paskibra masih harus mengabdi selama satu tahun dan wajib mengikuti rangkaian acara yang dibuat oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI), yaitu organisasi yang beranggotakan mereka yang pernah bertugas sebagai Paskibraka pada upacara Hari Kemerdekaan baik di tingkat nasional, kabupaten/kota dan provinsi. 

Untuk menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera hal yang perlu disiapkan adalah latihan fisik, agar kesehatan fisik tetap terjaga di tengah kesibukan serta padatnya jadwal, selain itu mental yang tangguh untuk siap ditempa latihan yang keras, pola makan yang teratur juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Serta bagi Era, ridho orang tua adalah yang utama, diiringi dengan doa dan tawakal. 

“Kalau dari saya sendiri,  ridho dan doa orangtua benar-benar tidak ada yang bisa menandingi, lalu dibantu dengan latihan fisik, seperti lari, sit up, push up dan dijaga juga pola makannya, terakhir jangan lupa untuk berdoa dan tawakal,” pesan Era di akhir sesi wawancara untuk teman-teman lainnya yang ingin ikut seleksi Paskibra Kota Yogyakarta tahun depan.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi untuk Era Halimah Sadiah yang telah menjalankan amanah dan tugas sebagai anggota Paskibraka dengan baik. Ungkapnya, keberhasilannya akan menjadi contoh bagi siswa dan siswi madrasah, bahwa semua mempunyai kesempatan untuk berprestasi. (nay/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15