Siswa MAN 1 Yogya Rebut Gelar Juara Umum KSM Kota

22 Aug 2022, 11:47 MAN 1 Yogyakarta 801

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah terutama dalam bidang sains, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). KSM yang telah diselenggarakan kesembilan kalinya, diawali tahun 2012 silam, diikuti siswa madrasah secara nasional. 

Secara umum, KSM tahun 2022, bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains. Tahun ini, tagline KSM adalah “Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri”. 

Pelaksanaan tahapan KSM mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan nasional dengan waktu pelaksanaan terjadwal. Di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan se-Indonesia pada 13 – 15 Agustus lalu. Pengumuman hasil dari KSM tingkat Kota Yogyakarta dan penghargaan pemenang diberikan di Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Senin (22/8) pagi, oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA.

Nur Abadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa prestasi yang diperoleh para pemenang jangan hanya berhenti di tingkat kota, tetapi dapat diteruskan dengan berprestasi di provinsi bahkan lolos dan juara di tingkat nasional, pada September 2022 mendatang, di Jakarta. 

Juara umum tingkat kota untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) diraih MAN 1 Yogyakarya dan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) direbut MTs N 1 Yogyakarta. Keberhasilan kontingen MAN 1 mendapat juara umum dengan merebut 6 juara dari 18 kategori kejuaraan yang diperebutkan, dari 6 bidang lomba KSM.

Juara yang diraih siswa MAN 1 Yogya meliputi juara 1 bidang Matematika Terintegrasi atas nama Asif Tijani Ahmad (XI MIPA 5) dan di bidang Kimia Terintegrasi diraih oleh Bilqis Althoofitriyyah H (XI MIPA 5). Selanjutnya, juara 1 bidang Fisika Terintegrasi diraih Rofi Pratama Y (XII MIPA 2) dan di bidang Geografi oleh Fadhil Mufti Putra F (XII MIPA 3).

Kemudian, bidang Biologi dan Ekonomi Terintegrasi, siswa MAN 1 Yogya memborong juara  2 atas nama Naufal Rajwaa R (XII MIPA 3) dan Haka Agisttsna R (XI IPS 1).

Keberhasilan siswa MAN 1 Yogyakarta meraih juara umum dan memborong medali KSM tingkat kota menurut Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, Kepala MAN 1 Yogyakarta, merupakan hasil pembinaan yang terprogram dan motivasi berprestasi dalam diri siswanya. Lanjutnya, pencapaian tahun ini melebihi dari tahun 2021, yang hanya meraih dua  juara 1 dan juara umum.

“Siswa MAN 1 Yogya masih harus berjuang di KSM tingkat provinsi, pada 10 Agustus 2022 mendatang,”ujarnya. “Maka diperlukan kerja keras dan keseriusan belajar agar dapat diperoleh hasil yang optimal dan lolos ke tingkat nasional,” imbuhnya. (prb/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01