Siap Lebih Dini, MAN Yogyakarta I Ikuti Simulasi UNBK

30 Nov -0001, 00:00 MAN 1 Yogyakarta 1161

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I) -Pusat Penilaian Pendidikan atau PUSPENDIK selenggarakan simulasi tahap 1 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), secara serentak di madrasah atau sekolah peserta UNBK. MAN Yogyakarta I termasuk madrasah yang mengikuti UNBK juga melaksanakan simulasi tersebut yang dijadwalkan pada hari Selasa (22/11) sampai dengan Kamis (24/11), di Laboratorium Komputer.

Simulasi ini diikuti seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 232 yang terbagi dalam 3 sesi setiap harinya. Pada setiap sesinya siswa mengerjakan mata pelajaran UN yang sudah terjadwalkan selama 120 menit.

Tidak semua mata pelajaran UN disimulasikan pada tahap satu ini, namun hanya terbatas pada pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris untuk semua jurusan, dan satu mata pelajaran jurusan. Untuk jurusan IPA mata pelajaran yang diujikan adalah Fisika, jurusan IPS adalah Ekonomi, jurusan Agama adalah Hadits, dan jurusan Bahasa adalah Bahasa Prancis.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Drs. Giyanto mengungkapkan, simulasi ini bertujuan memperkenalkan kepada siswa sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer dan software-nya. Dikatakan, selain memperkenalkan sistem dan menjelaskan teknis pelaksanaan UNBK, simulasi ini juga sebagai tolak ukur batas kemampuan siswa dalam menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya.

"Dengan simulasi ini saya berharap agar seluruh siswa kelas XII lebih siap secara teknis dan siap secara materi, serta mulai terbiasa dengan sistem ujian yang berbasis komputer,"ujarnya, Kamis(24/11) kemarin.

Sementara itu, Proktor UNBK Nung Indarti, S.Kom. menyampaikan, uji coba masih mengalami kendala. Menurutnya, hal itu disebabkan, jumlah peserta UNBK tahun ini yamg semakin bertambah, sehingga proses singkronisasi kurang lancar. "Simulasi UNBK, hari pertama gagal dilaksanakan,"terangnya.

Meski sempat tertunda satu hari dikarenakan kendala sinkronisasi, pelaksanaan UNBK pada hari kedua dan ketiga berjalan lancar. (aka/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15