Satgas GALAKSI MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 Lomba Penyuluhan Video Anti Narkoba

04 Jul 2023, 10:06 MAN 1 Yogyakarta 342

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba, Satuan Tugas Anti Narkoba (STAND) DIY menyelenggarakan lomba yang mengusung tema “refuse drugs and live healthy” dengan menjadikan aplikasi TikTok sebagai platform untuk mengupload video singkat tersebut. Satgas GALAKSI, yang merupakan salah satu dari organisasi di MAN 1 Yogyakarta turut berpartisipasi dalam pelombaan ini. Selain itu, Satgas GALAKSI berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi tersebut. Kejuaraan yang diraih oleh Satgas GALAKSI ini diumumkan, Selasa (27/06/23).

Ketua Satgas GALAKSI, Sekar Manah Sejati, mewakili seluruh anggotanya dengan menyatakan kegembiraannya usai memenangkan kompetisi tersebut. “Pengumuman tersebut ramai di grup BPH Satgas GALAKSI. Kita semua senang sekali karena jujur, kaget juga dapat juara 1. Ini kan lomba antar provinsi, jadi aku dan teman-teman dari Satgas GALAKSI benar-benar senang dan bangga,” ucapnya.

Selain itu, Sekar juga menambahkan bahwa Satgas GALAKSI mendapatkan tugas dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) yaitu dengan menjelaskan isi dan maksud dari video sebelumnya karena telah memenangkan kompetisi tersebut.
Menurutnya, Faktor kemenangan yang diraih oleh Satgas GALAKSI tak lepas dari kreativitas dan orisinilitasnya yang menjadikan Satgas GALAKSI meraih poin lebih unggul dari partisipan lain. Selain itu, Satgas GALAKSI juga mengedapankan informasi yang valid bagi para penontonnya dengan mengulik berbagai informasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai sumber acuannya.

“Konsep video juga dibuat tidak sekedar edukatif dan informatif saja, tapi juga menghibur. Karena kita edit dengan sound dan potongan video yang lagi trending dan ramai saat ini. Video ini juga dimaksudkan untuk menjadi daya tarik bagi orang-orang disana, karena kalau murni edukasi saja akan menjadi kurang menarik, terutama bagi anak-anak milenial,” imbuh Sekar.

Sekar juga menjelaskan bagaimana peran dari anggota Satgas GALAKSI yang saling mendukung dan membantu dalam kelancaran pembuatan video. “Lomba ini diadakan waktu liburan, jadi anggota pasti punya kegiatan masing-masing. Kita juga diskusinya tidak sampai satu jam, karena kita tidak punya waktu banyak. Jadi waktu kita diskusi dan dapat ide, pada hari itu juga kita langsung mulai rekam,” jelasnya.

Meski masing-masing anggota memiliki kegiatan yang padat, namun kekompakan, kecekatan, serta ide-ide menarik dari mereka pula menjadi salah satu faktor dari kemenangan yang berhasil Satgas GALAKSI raih. “Alhamdulillah, untuk kendala yang terjadi tidak menjadi masalah besar. Kendalanya mungkin hanya Satgas GALAKSI yang pada saat itu belum punya akun TikTok dan masing-masing dari kami juga belum sempat memikirkan caption. Namun, akhirnya dapat kita upload juga sebelum deadline,” tutur Sekar.

Berkaitan dengan video penyuluhan tersebut, Sekar memberi pesan kepada orang-orang  untuk menghindari segala jenis narkoba. “Selain berbahaya dan bikin kecanduan, narkoba juga menimbulkan permasalahan hidup lainnya, seperti terkena sanksi maupun masalah finansial. Jika ada masalah, jangan sungkan untuk cerita ke teman dan cari lingkungan yang baik dan sehat. Untuk informasi dampak buruk dan cara menghindarinya ada di video kami, @/satgas.galaksi di TikTok,” pesannya. 

Sekar dan seluruh anggota Satgas GALAKSI juga mengajak untuk bersama-sama menciptakan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba) dengan tetap sehat tanpa narkoba di sekelilingnya. (mkd/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01