Pramuka Pangkalan MAN Yogyakarta I Borong Kejuaraan Olimpiade Pramuka DIY

26 Sep 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1100

this used to be photo

Yogyakarta(MAN YK I)- Pramuka Pangkalan MAN Yogyakarta I berhasil memborong kejuaraan Olimpiade Pramuka Penegak DIY tahun 2016. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pramuka Institut Sains dan Teknologi (IST), Akademi Perindustrian (AKPRIND) Yogyakarta, Ahad(25/9), yang diikuti oleh tujuh Gugus Depan Pramuka se-DIY.

Ada empat cabang lomba yang digelar pada kegiatan ini, yaitu Baris Berbaris, Cerdas Cermat, Poster, dan Maket Pioneering. Untuk mengikuti kegiatan ini, MAN Yogyakarta I mengirim 19 siswa dengan didampingi oleh guru pembina dan pelatih pramuka .

Setelah melalui persaingan yang ketat antar gugus depan, Pramuka Pangkalan MAN Yogyakarta I berhasil memborong empat kejuaraan, yakni juara 2 lomba poster, juara 3 lomba cerdas cermat, juara 3 lomba baris-berbaris, dan juara 3 miniatur pioneering.

Pembina Pramuka MAN Yogyakarta I Muhammad Amin, MA. Menuturkan, Semula ia tidak mengira anak-anak mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik. pasalnya, sebelum mengikuti kegiatan ini, mereka sedang menghadapi Ulangan Tengah Semester(UTS). Sehingga kata Pembina Pramuka yang akrab disapa Amin itu, para utusan tidak punya waktu yang cukup untuk latihan.

“jadi persiapan mereka belum maksimal,”ujarnya. “namun mereka, mempunyai komitmen yang tinggi dan kemauan yang kuat, akhirnya, alhamdulillah, mereka berhasil,”terangnya saat ditemui di kantor guru.

Begitu juga dengan Pembina Pramuka Putri Dina Wahyuningtiyas, S.Pd. menambahkan, “dengan persiapan seadanya saja mereka berhasil, apalagi kalau mereka membuat persiapan yang betul-betul matang, insya Allah bisa mendapatkan hasil yang lebih baik,”tuturnya.

Sementara itu Koordinator Peserta MAN Yogyakarta I Rahmat Nur Syaifuddin mengatakan, keberhasilan ini surprise baginya. ia menyadari, latihan yang dilakukan bersama tim kurang maksimal. “Benar, kami tidak menyangka bisa menang,”katanya dengan penuh ekspresi.

Bahkan kata Rahmat, demikian panggilan akrabnya, sembari menunggu hasil perlombaan masing-masing pangkalan pramuka diminta oleh pihak penyelenggara untuk melakukan pentas seni. Dari Tim yang ia pimpin menampilkan seni ‘Kolone Tongkat’. “ternyata pentas seni kita menjadi yang terbaik dan terfavorit,”tutur siswa yang saat ini duduk di kelas XI Agama itu.Dengan keberhasilan ini, Rahmat berharap bisa menginspirasi dan mendorong para siswa lain untuk lebih aktif dan rajin dalam mengikuti latihan kepramukaan. “nyatanya kita mampu berprestasi,”pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50