Pesantren Ramadan MAN Yogyakarta I: Tingkatkan Ilmu dan Spiritualitas

14 Jun 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 862

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I)-Ramadan momentum tepat untuk meningkatkan ilmu dan spiritualitas. untuk itu MAN Yogyakarta I sebagai lembaga pendidikan memanfaatkan momentum ini untuk membekali para siswa dengan ilmu agama. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari (13 Juni sampai 17 Juni 2016), dan diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XI, di Masjid Al-Hakim Komplek MAN Yogyakarta I.

Ketua Rumpun Program Studi Agama dan sekaligus Penceramah pada hari pertama Muhammad Amin, MA. menuturkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap bulan puasa Ramadan. Pada Ramadan kali ini, para siswa wajib hadir di Masjid pukul 07.30 WIB lantas mereka menjalankan sholat dhuha, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran secara berkelompok mulai pukul 08.00 hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian setelah istirahat, tepat pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, mereka mengikuti kajian Islam dengan beragam materi seperti tafsir, hadits, fiqh, akhlaq, dan sejarah.

Menurut Amin, Ramadan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas Iman, Islam, dan Ihsan setiap muslim. Ia berharap agar puasa Ramadan dan amal sholeh lainnya di bulan ini dapat meningkatkan ketiganya, khususnya ihsan.

Amin menjelaskan, kata Ihsan secara bahasa bermakna berbuat baik, sedangkan sacara istilah Ihsan adalah cara bagaimana seharusnya kita beribadah kepada Allah, sebagaimana Rasulullah mengajarkan agar ibadah dilakukan dengan cara seolah berhadapan secara langsung dengan Allah. Ia menyebutkan ada 3 macam ihsan, yaitu ihsan kepada Allah, Ihsan kepada manusia, dan ihsan kepada segala sesuatu.

Ihsan kepada Allah menurutnya, berbuat baik dalam mengabdi kepada Allah, seperti terutama saat beribadah sholat benar-benar merasakan beradad dihadapan Allah. Kemudian, Ihsan kepada manusia yaitu berbuat baik kepada sesama manusia dengan niat yang tulus, tanpa pamrih dan penuh kasih sayang, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah di masa hidupnya hingga wafatnya. Lalu ihsan kepada segala sesuatu yang lain menurut Amin, seperti berbuat baik kepada hewan dan alam sekitarnya.

Tampak para siswa penuh antusias mengikuti kegiatan ini, di masjid Al-Hakim lantai 2 hingga berakhir pukul 11.30 WIB jelang sholat dzuhur. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45

MAN 1 Yogyakarta Adakan Pelatihan P3K untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
09 Sep 2024, 14:06