Peringatan Hari Pendidikan Nasional di MAN Yogyakarta I: Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita

02 May 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1074

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I)-Seluruh civitas akademika MAN Yogyakarta I selenggarakan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Senin (2/5), di lapangan upacara MAN Yogyakarta I. kegiatan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB.

Tampak para siswa berseragam warna putih lengkap dengan jas almamater warna biru, sementara itu guru dan pegawai mengenakan seragam Korps Pegawai Republik Indonesia (korpri).

Pembina upacara Drs.H.M.Nawawi, M.S.I. membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan Ph.D., yang secara garis besar mengajak seluruh anak bangsa, untuk menyiapkan peserta didik agar mampu menghadapai tantangan zaman yang selalu berubah. Serta memastikan, setiap anak memiliki Keterampilan utuh, mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ke-26 pada kabinet kerja Jokowi-JK ini juga mengingatkan dampak dan manfaat pendidikan secara luas, untuk itu ia menunjukkan, tema peringatan Hari Pendidikan Nasional ini adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Citacita”. Menurutnya, pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Sementara itu, M.Nawawi selaku Pembina Upacara berpesan, kepada para siswa agar tetap tekun mencari ilmu. Lantas ia mengutip hadits Nabi Muhammad saw, “kun ‘aliman, au muta’alliman, au muhibban, walaa takun al khamisa, fatahlika[Jadilah kamu orang yang mengajar, atau belajar, atau pendengar, atau pecinta (ilmu) dan janganlah kamu menjadi orang yang kelima (tidak mengajar, belajar dan tidak cinta ilmu), maka kamu akan hancur."

M.Nawawi juga berpesan kepada guru, agar ikhlas dan sabar dalam mendidik anak, sebagaimana dalam metode dakwah, “yassiruu assiru wala tu’assiru wabasysyiru wala tunafiru”, mudahkanlah dan janganlah engkau persulit orang lain dan berilah kabar gembira pada mereka, jangan membuat mereka menjadi lari,”katanya mengutip menjelaskan hadits Nabi.

Usai upacara, dilanjutkan dengan pengumuman torehan prestasi siswa-siswa MAN Yogyakarta I yang telah diraih bulan April 2016, seperti Muhammad Arief Muyayyar:Juara I Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Hafidz Mukhayyar: Juara II Musabaqah Hifddzul Quran(MHQ) Tingkat SMA se-DIY yang diselenggarakan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ahmad Faiz Fadri: Juara I Bulu Tangkis Remaja Tunggal Putra, dan Juara II Ganda Putra yang diselenggarakan Jarum Multicabang Tingkat DIY, serta Yasmin Hanifah siswa: Lolos seleksi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI).(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07