Penggunaan Laboratorium Komputer Jadikan Pembelajaran Bahasa Inggris di MAN Yogyakarta I lebih Representatif

03 Nov 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1284

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I)-Menguasai bahasa Inggris secara aktif, sangat dibutuhkan di Era Globalisasi dewasa ini. Di mana dunia pendidikan dan dunia kerja semakin berkembang dan maju dalam memperluas lingkupnya hingga lintas negara. Jadi tidak heran jika dalam dunia kerja memberikan nilai yang tinggi terhadap seseorang yang dapat berbahasa Inggris.

Namun di sisi lain, tidak semua pembelajaran Bahasa Inggris efektif dan menyentuh kebutuhan. Misalnya, apa yang dipelajari di kelas tidak sesuai kebutuhan kerja. Mengingat akan pentingnya hal ini, MAN Yogyakarta I berusaha untuk mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih representatif. Melalui pembelajaran Bahasa Inggris lintas minat, madrasah ini mengajarkan kepada para siswa penerapan bahasa inggris dalam dunia advertisement atau periklanan.

Guru Bahasa Inggris Endang SU KW, M.Pd. menjelaskan, pembelajaran Bahasa Inggris tersedia 4 jam dalam seminggu, yakni 2 jam untuk Bahasa Inggris wajib, dan 2 jam lagi untuk lintas minat.

Melalui materi advertisement ini terang Endang, demikian sapaan akrabnya, ia berharap agar para siswa bisa berfikir kreatif dan enovatif. Untuk memudahkan dalam pembelajaran ini, para siswa diajak menggunakan Komputer dalam menyusun kalimat, mendesain advertisement yang telah ditugaskan. “Jadi siswa dituntut untuk mengasah kemampuannya dalam menyusun kalimat dan desain,”ujarnya, di sela-sela mengajar di Laboratorium Komputer, lantai 1, Rabu(2/11) kemarin siang.

Lanjut Endang, selain mendesain advertisement, mereka juga diwajibkan untuk mencentak dan mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas dan guru pengajar. Diharapkan dalam presentasi ini, para siswa mendapatkan kritikan dan masukan dari teman-teman mereka.

Ada 2 macam advertisement kata Endang, yaitu produk dan jasa. Karena terkait dengan dunia pendidikan, maka para siswa bebas menentukan jenis produk atau jasa, yang diiklankan, dengan syarat tidak mengiklankan produk rokok dan jasa biro jodoh. “Ini bagian dari ketrampilan, kita berupaya memberi bekal dan modal ketrampilan dan pengetahuan,”pungkasnya.

Sementara itu Diaztiana Yuanita dan Ramadhani Salma, keduanya siswi kelas X Progam Studi Agama mengaku merasa senang mengikuti pembelajaran ini, pasalnya mereka dapat menuangkan ide melalui bahasa Inggris dan desain. “Asyik dan senang, banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat,”tutur Ramadhani Salma, siswi yang membuat iklan produk minuman itu. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21