Pecinta Alam MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 3 Project Competition WEDAY UGM 2023

10 Jul 2023, 08:14 MAN 1 Yogyakarta 258

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Kelompok Petualang Gunung dan Rimba (KPGR) ‘Lebah Gunung’  atau Pencinta Alam MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih meraih juara 3 pada Project Competition WEDAY Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Sosial Masyarakat BEM KM UGM, (3-30/06/2023). 

Tim KPGR MAN 1 Yogyakarta; Mikhailova Ken Paramitha, Imtinan Nafilatul Azizah, Fadiyah Bening Kinasih, Naufal Anfasa, dan Salman Baihaki dan Fauzan Nur. 

Saat dihubungi, Sabtu (08/07/2023) Mikhailova Ken Paramitha menjelaskan,  World Environment Day atau biasa disingkat WEDAY ini digelar dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Dimulai dari adanya workshop mengenai edible spoon, yang kemudian sebagai bentuk output dari workshop para peserta diajak untuk mengikuti Project Competition dimana peserta menyampaikan hal yang sudah dipelajari dari workshop tersebut lalu di upload melalui platform TikTok. 

Mitha, demikian sapaan akrabnya, mengaku bahwa sempat mengalami kendala dalam proses pembuatan video. Dimana jarak waktu pembuatan dengan waktu pengumpulan karya sangat dekat. “Sebenarnya ingin nyerah,” tuturnya pada sesi wawancara. Namun ternyata Mitha dan tim mendapat informasi bahwa waktu pengumpulan karya diperpanjang, sehingga membuat Mitha dan tim memiliki waktu untuk memaksimalkan hasil.

Lanjutnya, acara puncak WEDAY 2023 ini diisi agenda webinar dengan tema “Embracing Eco Friendly Lifestyle for Sustainable Green Tourism” sekaligus pengumuman juara Project Competition dan karena kegigihan serta anggota tim yang kompak, tim MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih juara 3.  

“Kami tidak berharap mendapat juara, karena teman-teman pesaing lain videonya banyak yang lebih menarik, views dan likenya juga lebih banyak,” jelas Mitha mengungkapkan keraguannya. Namun ternyata keraguannya ditepis dengan berhasil mendapat juara. 

Mitha dan tim yang merupakan anggota organisasi pencinta alam mengungkapkan bahwa senang dapat mengikuti rangkaian acara WEDAY 2023, karena dapat ikut serta dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat berkelanjutan. Di balik kesuksesan Mitha dan tim yang berhasil meraih juara 3 ini, ada banyak hal yang memotivasi.

“Hal yang memotivasi kami tentunya karena membawa nama baik madrasah dan nama baik KPGR Lebah Gunung, serta ingin berkontribusi untuk lingkungan. Dari workshop dan webinar yang kami ikuti, juga bisa menjadi bekal ilmu untuk diri sendiri maupun orang lain,” ungkapnya. 

“Untuk teman-teman yang ingin aktif berpartisipasi di ajang-ajang lomba, mungkin bisa mulai mencari lomba yang sesuai dengan minat dan bakat agar bisa enjoy dalam menjalaninya. Ambil setiap kesempatan yang ada, selagi masih merasa mampu. Karena banyak pengalaman dan pelajaran yang biasa diambil dan insyaallah berguna di masa depan,” pungkasnya di akhir sesi wawancara, untuk memotivasi teman-teman semua untuk terus berprestasi. (nay/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01