Muhammad Mahfud Muammar, Alumnus MANPK MAN 1 Yogyakarta Tahun 2022 Raih Beasiswa di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

31 Jul 2022, 16:49 MAN 1 Yogyakarta 884

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Sungguh tidaklah mudah bisa studi lanjut dengan beasiswa penuh di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Itulah yang dirasakan Muhammad Mahfud Muammar, Alumnus MANPK MAN 1 Yogyakarta Tahun 2022, yang baru-baru ini  lolos seleksi dan meraih Beasiswa di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. 

Saat dihubungi, Ahad (31/07/2022) siang, alumnus yang akrab disapa Mahfud ini, menyampaikan rasa syukur dan gembira. Ia tidak menyangka bisa lolos seleksi.

“Senang dan bersyukur bisa melegakan hati orang tua yang mengutamakan Mesir sebagai negeri untuk menuntut ilmu agama,” ujar alumnus kelahiran Bantul, 14 November 2003 putra dari Muh Badawi dan Siti Zuhriyah itu. 

Lanjut Mahfud, dia berusaha untuk menindaklanjuti kesempatan emas ini. Saat ini ia sedang memperdalam bahasa Arab dan mempersiapkan berkas dokumen yang diperlukan, serta mengikuti perkembangan Islam dan wawasan lainnya seputar kondisi negara dan masyarakat Mesir.  

“Insya Allah akan mengambil Fakultas Dirasat Islamiyah,” ungkapnya, saat ditanya mengenai rencana fakultas yang akan dipilih. 

Mahfud telah menjalani semua tahapan seleksi, mulai tes tulis hingga wawancara. Tentu kemampuan dan penguasaan bahasa Arab menjadi modal penting dalam seleksi ini.

“Supaya bisa lancar berbahasa Arab, dengan memperbanyak membaca literatur berbahasa Arab bebarengan dengan menganalisis isinya dan nahwu-shorofnya. Selain itu, istiqomah murojaah materi,” ungkapnya.  

“Semangat beribadah dan bermunajat, tekun belajar, jaga ukhuwah dengan para guru dan sesama kawan, dan syukuri apa yang kalian miliki,” pesannya untuk adik-adik kelas. 

Sementara itu, saat dihubungi, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Muhammad Mahfud Muammar. Pasalnya, sungguh tidak mudah untuk dapat meraih kesempatan studi lanjut dengan beasiswa penuh di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. 

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala yang tak henti-hentinya, yang telah memberikan anugerah kepada civitas akademika MAN 1 Yogyakarta. Alhamdulillah bersyukur berbahagia dan berbangga hati dengan diterimanya Ananda Muhammad Mahfud muamar,” ujarnya.

“Semoga Ananda senantiasa diberikan kesehatan, lancar studi, terus berprestasi. dimudahkan segala urusan kembali ke tanah air untuk memberikan kontribusi kepada agama masyarakat bangsa dan negara. Semoga kelak Ananda menjadi pemimpin yang amanah ataupun menjadi profesional di bidangnya,” harapnya. 

Ia menambahkan, rasa syukur yang mendalam, MAN 1 Yogyakarta memiliki lulusan yang kompetitif yang akan memberikan inspirasi kepada adik-adik kelas, untuk dapat mengikuti jejaknya khususnya MAN 1 Yogyakarta dan pada umumnya pelajar di Indonesia. 

“Terima kasih kepada Ananda atas perjuangan gigihnya yang membawa nama baik madrasah orang tua masyarakat dan terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung kesuksesan siswa MAN 1 Yogyakarta,” pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59