Muhammad Farhan Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 3 Lomba Nyanyi Bintang RRI

05 Nov 2022, 21:34 MAN 1 Yogyakarta 302

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Muhammad Farhan Maulana, siswa dari kelas 12 Bahasa MAN 1 Yogyakarta berhasil menyabet juara tiga kategori pop pria pada lomba menyanyi Bintang Radio yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI), yang digelar di Atrium Jogja City Mall, Senin (31/10/2022).

Farhan, demikian sapaan Akrabnya, menjelaskan, lomba berlangsung pada tanggal 24, 29 dan 31 Oktober 2022. Dimana pada lomba ini terdiri dari tiga babak, yaitu ada babak audisi, babak semi final dan babak grand final. Pada lomba ini juga dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pop pria dan pop wanita.

Pada babak pertama, ia telah mempersiapkan dan berlatih menyanyi selama seminggu sebelum audisi. Pada babak audisi ia membawakan lagu "Andai Aku Bisa" versi Tulus dan lolos masuk ke babak selanjutnya. Setelah itu dengan persiapan dan latihan yang matang, lagu dari Tulus yang berjudul "Hati-hati di Jalan" sukses dibawakannya hingga ia lolos meraih juara tiga pada babak grand final. 

"Kenapa aku pengen ikut lomba ini, selain untuk menambah pengalaman, aku juga pengen ikut lomba ini buat daftar masuk ke kuliah," ucapnya tentang alasan mengikuti lomba ini. 

Farhan menuturkan, ia telah senang bernyanyi sejak ia berumur tiga tahun dan mulai berkecimpung pada bidang musik dengan serius ketika ia menginjak kelas tiga SD. 

"Buat temen-temen yang masih belum percaya diri untuk bernyanyi. Ayo segera hilangin rasa itu, pede aja! Nyanyi itu dibuat fun. Asal tetap perhatiin nada, intonasi, artikulasi, sama nafas ya? Untuk caranya, kalian bisa latihan dengan pemanasan suara,”ujarnya. 

“Kalau aku biasanya salah satunya dengan latihan 'do re mi' dan melatih pernafasan diafragma. Nah, kalau untuk temen-temen yang belum pede buat ikut lomba, sama sih pesan dari aku. Itu tadi ayo hilangin rasa kurang pede nya, santai aja. It's ok, kalau temen-temen nervous sebelum tampil, itu wajar kok,” ungkapnya.

Tapi itu bisa kita atasi, yaitu biasanya aku sebelum tampil, aku selalu ngatur nafas dulu. Tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan. Terus aku menanamkan rasa sama diriku sendiri bahwa 'insyaallah aku yakin bisa.' Kemudian dan yang pasti aku sebelum perform melakukan pematangan persiapan," pesannya, saat diwawancarai, Sabtu (05/11/2022). 

Ia juga menambahkan bahwa arti bernyanyi baginya bukan lain ialah sebuah kegembiraan. Dimana ia bisa berekspresi bersama nada-nada dan mengerti makna di balik lagu-lagu yang ia nyanyikan. (rhmn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50