MAN 1 Yogyakarta, Rujukan Praktik Mengajar Mahasiswa

23 Sep 2023, 11:36 MAN 1 Yogyakarta 279

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yk) -- Keberadaan MAN 1 Yogyakarta sebagai salah satu madrasah unggul di Indonesia selalu menjadi rujukan berbagai perguruan tinggi dalam menempatkan mahasiswa praktik mengajar. Setidaknya tahun ini mahasiswa dari UNY, UMY, UII, UMS, UAD melakukan praktik mengajar di MAN 1 Yogyakarta. Hal demikian disampaikan oleh Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, pada penarikan mahasiswa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMY, Jumat (22/09/2023). 

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dan kerja sama antar lembaga yang saling menguntungkan,” lanjut Wiranto.

Para mahasiswa Prodi PAI UMY telah berada di MAN 1 Yogyakarta selama dua bulan. Selain mengajar, para mahasiswa juga belajar pengelolaan madrasah, seperti pelayanan piket, layanan perpustakaan, konseling dan sebagainya.

Lebih lanjut, Muhammad Amin, MA mewakili guru pamong berpesan, agar kegiatan ini sebagai bentuk belajar sepanjang hayat yang memang diperintahkan agama. Harapannya, para mahasiswa tidak pernah berhenti belajar. “Belajar yang paling baik adalah dengan cara mengajar,” tambahnya, seraya berharap silaturahmi tidak berhenti meskipun secara tugas sudah selesai di madrasah.

Mewakili Prodi PAI, Anisa Dwi Makrufi, M.Pd.I, dosen pembimbing lapangan, menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas kesempatan belajar di madrasah unggulan MAN 1 Yogyakarta. Para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, meskipun hanya dalam waktu dua bulan. Ia berharap, kerja sama ini terus berlanjut pada periode-periode berikutnya.

Sementara itu, Satrio Dwi Ramdhani, wakil mahasiswa menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesempatan belajar menjadi guru di MAN 1 Yogyakarta. “Kami, para mahasiswa merasa bersyukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya telah ditempatkan di MAN 1 Yogyakarta. Awal-awal terasa berat, namun lama-kelamaan semakin menyenangkan dan terasa berat meninggalkan madrasah ini,” ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cendera mata seraya saling meminta maaf dan saling mendoakan. Sebuah sinergi yang sangat indah. (syt)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54