MAN 1 Yogyakarta Bersiap Sambut Artificial Intelligence dalam Pembelajaran

03 Aug 2023, 17:07 MAN 1 Yogyakarta 399

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta sambut Tim Peneliti dari Pusat Riset Pendidikan -Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora- BRIN dan Artificial Intelligence Center Indonesia (AICI), Kamis (3/08/2023), di Aula lantai 2.

Segenap Tim Peneliti yang hadir pada kesempatan ini; Prof.Muhamad Murtadlo, Munasprianto Ramli, Ph.D., dan AM. Saifullah Aldeia, M.Pd. Mereka disambut langsung oleh Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Praseyahadi, M.Pd., bersama Wakamad Bidang Humas Dr.Suyanto, M.Pd., Wakamad Bidang Kesiswaan Soeprastiyono, M.Pd., Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Si., Wakamad Bidang Sarpras Hj.Masayu Nurulana, M.Pd., Kepala Tata Usaha Bahar Rozak, S.H., dan segenap guru pegawai, serta siswa MAN 1 Yogyakarta.

Disampaikan Penelitian ini tentang “Inovasi Pembelajaran AI Berbasis Karakter bagi Siswa Menuju Era Society 5.0”. di antara tujuannya, untuk menghasilkan kurikulum, bahan ajar, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan model evaluasi pembelajaran Artificial Intelligence (AI) berbasis karakter.

Penelitian ini melibatkan akan siswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai responden yang akan ditanya tentang kebutuhan terhadap pembelajaran AI. Siswa akan ditanya menggunakan metode pengisian kuesioner, sedangkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan akan ditanya menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD).

Selain itu, penelitian ini dilakukan di satu sekolah dan satu madrasah berbasis digital di tiap provinsi terpilih, yaitu Jawa Barat, Bali, Yogyakarta, Palembang, dan Samarinda.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Praseyahadi, M.Pd. meyampaikan, madrasah menyambut baik penelitian ini. Ungkapnya, perkembangan teknologi sangat dinamis, bahkan sulit diprediksi. Karena itu, lanjutnya, madrasah ini senantiasa menempuh langkah-langkah inovatif dan adaptif terhadap perubahan zaman.

“Semoga penelitian memberi manfaat bagi kemajuan pendidikan di madrasah, yang kelak akan secara langsung akan berkontribusi terhadap pembangunan generasi penerus, bangsa dan negara,” harapnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54