Madrasah Berkelas Dunia, MAN 1 Yogyakarta Laksanakan Penguatan Bahasa Inggris

10 May 2023, 20:31 MAN 1 Yogyakarta 436

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam rangka mendukung tagline Madrasah Berkelas Dunia, MAN 1 Yogyakarta melaksanakan berbagai kegiatan; salah satunya penguatan bahasa Inggris, Rabu (10/05/2023) di Aula lantai 2.

Kegiatan ini  diikuti oleh seluruh siswa kelas XI (237 orang), terdri siswa dari empat peminatan, yakni peminatan MIPA, IPS, Budaya dan Bahasa serta Program Keagamaan. Program ini terlaksana dengan menggandeng para alumni MAN Yogyakarta 2017 dan 2018 yang intens mengembangkan Bahasa Inggris.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd dalam membuka kegiatan berharap, agar seluruh siswi mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh. 

“MAN 1 Yogyakarta yang telah memiliki slogan ‘Pestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami, Berkelas Dunia’, sangat penting untuk diselenggarakan kegiatan ini untuk mendukung program madrasah. Ke depan bukan hanya bahasa Inggris, bisa bahasa Arab atau lainnya,” tegasnya.

Surini, S.Pd, M.Pd Guru Bahasa Inggris dan Ketua Penyelenggara menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, khususnya bahasa lisan, hal ini diwujudkan dalam bentuk performa setiap kelas dalam Bahasa Inggris dan penilaian performa dilaksanakan pada 9 Juni 2023 mendatang.

Lanjut Surini, tema dari kegiatan ini adalah “Indonesian Folklore”, performa yang ditampilkan disamping menggunakan Bahasa Inggris, juga mengangkat cerita-cerita rakyat khas Indonesia, yang saat ini cukup terlewatkan oleh para pelajar.

Kegiatan diawali dengan teknis bermain peran dan berbahasa Inggris yang disampaikan oleh para tentor baik secara massal atau klasikal.

Dalam waktu yang terbatas dalam menyiapkan performa, setiap kelas dibagi dua kelompok, kelompok performa dan kelompok backstage (artistic) untuk tampil di hadapan seluruh peserta.

“Semoga dengan kegiatan ini siswa Mansa dapat tergugah dan semangat untuk mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan lebih percaya diri dalam public speaking, serta berani mengeksplorasi diri, mencoba passion baru melalui bahasa asing," jelas Salsabila Syadza Az-Zahra, koordinator tentor.

Tampak para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “Program ini bagus sekali untuk meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris di muka umum, harapanya program dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” ungkap Rizka Anung Andita Putra salah satu perserta kegiatan dari jurusan MANPK.

Kegiatan ini berakhir pukul 15.30 WIB setelah Performa seluruh kelas, the best performance diraih oleh kelas XI IPS 1 dan the favorite team diraih oleh kelas XI MIPA 1. (amn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00