Ketuk Jendela Dunia, Drama Performance MAN 1 Yogyakarta: The World as Our Stage

12 Jun 2023, 05:31 MAN 1 Yogyakarta 336

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Upaya mengimplementasikan keterampilan berbicara bahasa Inggris (speaking) kepada siswa ditunjukkan secara nyata oleh MAN 1 Yogyakarta. Hal itu terlihat ketika pada Jum'at (9/6/2023), sebanyak 237 peserta didik kelas 11 tahun pelajaran 2022/2023 yang telah selesai menjalani tahapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tertulis kemudian melanjutkan dengan pengambilan nilai psikomotor mata pelajaran Bahasa Inggris dengan mementaskan Drama berbahasa Inggris hasil garapan mereka sendiri, sebagai salah satu syarat mendapatkan nilai psikomotor mata pelajaran Bahasa Inggris.

Tak hanya skenario dan naskah drama yang dikerjakan secara mandiri oleh para siswa, perlengkapan properti untuk keperluan panggung pun merupakan hasil kreasi mereka sendiri. Surini, S.Pd. guru pembimbing Bahasa Inggris menjelaskan perihal upaya menanamkan kemampuan berekspresi dan berbicara secara bebas melalui pementasan drama juga akan melatih sikap tanggung jawab para siswa.

“Dari kebebasan berkreasi ini pula, setiap siswa juga akan membiasakan diri untuk menghargai karya orang lain, mengingat kelompok-kelompok yang pentas juga merupakan teman-teman mereka sendiri,” terangnya.

Pemilihan drama berbahasa Inggris diakui Surini juga menjadi salah satu upaya demi melatih keberanian mereka tampil dan berbicara di muka umum, yang kini mulai kurang berkembang. Dengan mengenalkan kembali berbicara dan tampil Bahasa Inggris di muka umum akan meningkatkan kemandirian dan rasa percaya diri siswa.

Lanjutnya, melalui pembuatan naskah drama beserta skenarionya, ia menuturkan banyak peserta didik yang kemudian lebih paham makna dari istilah yang biasa digunakan orang-orang yang berbicara berbahasa Inggris. Ke depan, Surini mengaku akan lebih banyak lagi memberikan kebebasan berekspresi dan berkreasi bagi para peserta didik agar mereka juga terlatih untuk menampilkan bakat dan bentuk kreativitasnya secara lebih percaya diri.

Harapan itu, menurut Surini sejalan dengan keinginan Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyadi, M.Pd saat menyampaikan sambutan pembukaan English Drama Performance ini. Dalam sambutannya, Wiranto menyampaikan apresiasi atas inisiatif pementasan drama Bahasa Inggris tersebut, dan meminta para siswa untuk secara serius menjalankan peran masing-masing dalam drama yang mereka susun sendiri alur ceritanya.

“Tugas ini memang menentukan nilai psikomotor mereka, namun lebih dari itu, dari pelaksanaan pementasan ini, ada yang lebih penting untuk dipahami, yaitu tanggung jawab atas hasil kreasi dan kemampuan untuk menghargai hasil karya teman-teman lainnya,” ujarnya.

Tandasnya, pihak madrasah, akan terus berupaya mengembangkan bakat dan minat siswa agar kedepan mereka mampu bersaing di tengah ketatnya kompetisi era modern dengan tanpa meninggalkan tradisi dan budaya. (srn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50