Jaket Anti Air Inovasi Siswa MAN Yogyakarta I Raih Medali Emas

29 Sep 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1366

this used to be photo

Yogyakarta(MAN YK I)- Jaket Anti Air (waterproof) hasil inovasi Siswa MAN Yogyakarta I berhasil meraih medali emas dalam Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia(FIKSI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, di Bandung, pada 20 hingga 26 September 2016 lalu.

Inovasi ini, bermula dari pengalaman dan pengamatan yang dilakukan 2 siswa MAN Yogyakarta I yaitu Zhahdo Bintang Ramadhan kelas XII dan Muhammad Nafiul Huda kelas XI, yang keduanya program studi IPA. Setiap musim hujan tiba, banyak orang yang kerepotan, terutama mereka yang sedang dalam perjalanan menggunakan sepeda motor, karena harus menjaga barang-barang bawaan, agar tidak basah terkena air hujan, terutama barang-barang elektronik seperti laptop dan HP. Sehingga mereka harus berhenti dulu di tepi jalan untuk menggenakan mantel.

Permasalahan ini menginspirasi kedua siswa ini untuk turut memberi solusi. keduanya berinovasi dengan membuat jaket 3 in 1, 'Jackbag'namanya, yakni jaket yang terintegrasi:jaket, tas, dan mantel. Sehingga kerepotan saat hujan turun bisa teratasi dengan jaket praktis karya kedua siswa ini.

Zhahdo Bintang Ramadhan menuturkan, Ide keduanya mulai baru bisa diwujudkan sekitar Maret 2016 lalu. Keduanya menyiapkan desain dan bahan. kemudian, untuk menjahit jaket ini keduanya meminta ahli untuk menjahitnya.

Zhahdo, demikian sapaan akrabnya menambahkan, bahan dasar jaket ini adalah kain parasut milky. Selain itu ia juga memanfaat limbah banner dari kain. Hal itu ia lakukan untuk mengurangi jumlah limbah, yang saat ini menjadi masalah bersama dalam pelestarian lingkungan.

Kendati telah berhasil mendapatkan medali emas pada FIKSI, ia bersama timnya bertekat untuk mengembangkan enovasi ini. Pasalnya, banyak masukan dari dewan juri, diantaranya pengembangan untuk jaket waterproof khusus untuk wanita. Dikatakan bahwa desain untuk wanita tentu berbeda, misalnya pemilihan warna dan model.

Inovasi keduanya ini, tak terlepas dari keaktifan keduanya dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang dibimbing oleh Susianawati, S.Pd. dan peran alumni Nur Faturrahman Ridwan yang telah membina keduanya.

Sementara itu, Wakil Kepala MAN Yogyakarta I Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA. Sangat mengapresiasi karya siswa ini. "kami mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif para siswa yang banyak manfaat dan bisa dikembangkan,"ujarnya.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50