Jadi Wakil OSN DIY, Buktikan MAN Yogyakarta I Madrasah Berbasis Riset

18 Apr 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 913

this used to be photo

Yogyakarta(MAN YK I)-Dwiki Darmawan siswa kelas XI Program Studi Ilmu-ilmu Sosial(IIS) ini, berhasil lolos seleksi peserta Olimpiade Sains Nasional(OSN), Bidang Ekonomi tingkat Propinsi DIY, dan menjadi utusan DIY dalam ajang OSN yang akan digelar di Palembang Sumatera Selatan pada Mei 2016 mendatang.

Kompetisi bergengsi ini, diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Palembang Sumatera Selatan, pada 15 sampai 21 Mei 2016. adapun bidang yang dilombakan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi.

Guru Pembimbing Karya Ilmiah Remaja (KIR)Tuslikhatun Amimah, M.Pd. menjelaskan, siswa siswi MAN Yogyakarta I selalu aktif dalam mengikuti berbagai Kompetisi Ilmiah, baik tingkat lokal maupun tingkat nasional. Amimah mengungkapkan, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada 2 kompetisi tiap tahunnya yaitu Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Sementara itu lanjut Amimah, di Kementerian Agama juga ada 2 kompetisi tiap tahun, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Kompetisi Sains Madrsah(KSM).

Amimah menuturkan, dari MAN Yogyakarta I telah mengutus 40 siswa dalam seleksi OSN tingkat kota Yogyakarta, namun yang berhasil lolos seleksi 4 siswa. kemudian 4 siswa lanjut seleksi ke tingkat Propinsi, dan yang berhasil lolos seleksi hanya 1 siswa, yaitu Dwiki Darmawan dalam bidang Ekonomi, menempati rangking pertama se-DIY.

"semoga ia berhasil raih medali emas pada tingkat nasional,"harapnya, saat ditemui di ruang guru, Jumat(15/4).

Senada dengan itu, Dwiki Darmawan, ia juga merasa siap dan optimis untuk menghadapi kompetisi ini. menurutnya, Ekonomi merupakan bidang yang paling ia sukai, sejak duduk di bangku Sekolah Menegah Pertama.

"mohon doa dan restunya, semoga bisa mengulang raih medali emas, "ujar Dwiki, yang juga Ketua OSIS dan Peraih medali emas pada KSM tahun 2015 itu.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00