Fadhil Mufti Putra Fatria, Siswa MAN 1 Yogyakarta Diterima di Lima Perguruan Tinggi Luar Negeri

06 Mar 2023, 14:55 MAN 1 Yogyakarta 1666

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Banyak pelajar memimpikan kuliah di luar negeri, namun tidak semua berhasil meraih impian itu. Pada umumnya, mereka terkendala kemampuan bahasa asing dan biaya, serta bersaing dengan ratusan ribu pelajar dari belahan dunia. 

Bagaimana jika berbagai perguruan tinggi luar negeri justru menerima, tentu hal ini menghapus kesan sulit. Itulah dirasakan Fadhil Mufti Putra Fatria, Siswa kelas 12 MIPA MAN 1 Yogyakarta. Baru-baru ini, siswa yang akrab disapa Fadhil ini, telah membuktikan, dengan usaha, ikhtiar dan doa, ia berhasil diterima di lima perguruan tinggi luar negeri. 

Saat ditemui, Jumat (03/03/2023), Fadhil mengungkapkan, lima perguruan tinggi luar negeri telah menerimanya. Yaitu;

1. University of British Columbia, Kanada, Kampus Vancouver, Prodi Geography of Environment and Sustainability, Faculty of Arts

2. University of Toronto, Kanada: Kampus St. George, Prodi Environmental Geography, Faculty of Arts and Science, dan Kampus Scarborough, Prodi Environmental Geosciences Faculty of Arts and Science.

3. University of Sydney, Australia, Kampus Darlington/Camperdown, Prodi Geography, Faculty of Science.

4. Monash University, Australia, Kampus Clayton, Prodi Geographical Science, Faculty of Science

5. University of Western Australia, Australia, Kampus Crawley, Prodi Integrated Earth and Marine Science, Faculty of Science.

“Insya Allah Faculty of Science di University of British Columbia, Vancouver, Kanada,” jawab Fadhil, saat dikonfirmasi tentang nama perguruan tinggi yang akan ditindaklanjuti.

Ia tertarik jurusan tersebut karena banyak materi blok yang sesuai  dengan kebutuhannya. Ia juga tertarik ke Kanada karena ingin mendalami ilmu Limnologi (Studi mengenai Danau), Terlebih Kanada terkenal dengan jumlah danau yang banyak yang tidak bisa ditemukan di Indonesia.

“Menurut saya, University of British Columbia(UBC) merupakan tempat yang pas karena letaknya yang berada di dekat laut sehingga membuat lebih nyaman,” ujar siswa kelahiran 29 April 2005, yang bercita-cita ingin menjadi Analis Geospasial bidang Meteorologi dan Kartografer itu.

Untuk mendaftar ke UBC, sebelumnya Ia mengikuti seleksi Beasiswa Indonesia Maju(BIM) Angkatan 2 Program Persiapan PTLN untuk memfasilitasi keinginannya. Bulan Mei-Juni 2022 adalah periode dimana ia mendaftar BIM. “Alhamdulillah saya diterima. Untuk mendaftar beberapa universitas dilakukan mulai dari akhir November 2022 hingga Awal Februari 2023 dengan dibantu oleh pihak BIM,“ terang putra Fatechul Hadi dan Tri Lestari itu.

Sebagai persiapan, tuturnya, masih banyak yang perlu ia persiapkan terutama mental. Oleh karena itu ia mencoba untuk mulai membiasakan bagaimana kondisi kedepannya terutama tantangan mengenai perbedaan bahasa. Ia sering berlatih untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris meskipun tidak semata mata untuk tujuan mendapatkan nilai tes-seperti IELTS, IBT-yang tinggi, namun juga untuk berkomunikasi sehari-hari.

Menurutnya, MAN 1 Yogyakarta sudah bagus, memfasilitasi siswa siswinya, namun beberapa hal seperti pelatihan dan pembimbingan untuk memfasilitasi bakat dan minat mungkin dapat dikembangkan lebih jauh kedepannya, kemudian untuk peserta didik sendiri harusnya bisa memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki madrasah karena madrasah memiliki banyak sekali potensi yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

“Cari pengalaman sebanyak-banyaknya, jangan hanya mengandalkan pengalaman yang didapat dari dalam sekolah, namun juga dari luar sekolah. Mulailah belajar Bahasa Inggris, atau Integrasikan bahasa inggris pada semua kegiatan sehari hari, KBM, ngobrol dengan teman, atau bahkan dengan guru.” Pungkasnya untuk memovitasi adik-adik kelas.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi pada Fadhil. “Alhamdulillah, Ananda Fadhil diterima di perguruan tinggi luar negeri. Semoga langkah awal Ananda ini, akan bermanfaat pada umat, masyarakat, agama, bangsa dan negara,” harapnya.

“Terima kasih pada civitas akademika, orang tua siswa dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, perhatian, doa dan restunya. Semoga MAN 1 Yogyakarta mampu bersaing di tingkat internasional, dan bermanfaat,” pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50

Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT
15 Mar 2024, 13:43

MAN 1 Yogyakarta Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan
15 Mar 2024, 09:43

Kankemenag Kota Yogyakarta Beri Arahan Rapat Kerja MAN 1 Yogyakarta Tahun 2024
14 Mar 2024, 17:42