Borong Prestasi Gemilang, Siswa MAN 1 Yogyakarta Meraih Kejuaraan Perkemahan SAKA KALPATARU 2024

10 Mar 2024, 13:21 MAN 1 Yogyakarta 149

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Prestasi tiada henti kini kembali hadir di MAN 1 Yogyakarta dengan segenap siswanya yang berhasil membawa pulang piala dalam kontes kejuaraan Kemah SAKA KALPATARU yang diselenggarakan oleh  Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta (DLH).

Perkemahan SAKA KALPATARU ini dilaksanakan pada tanggal (1-3 /03/24) dan bertempat di Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta (DLH) itu sendiri. Para peserta mengaku bahwa perkemahan kali ini membawa banyak pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari mereka, salah satunya adalah bagaimana caranya menjaga lingkungan alam sekitar dengan baik dan juga cara melestarikannya.
Salah satu peserta Perkemahan SAKA KALPATARU yakni Azmy dan Raudy yang juga merupakan salah satu siswi MAN PK MAN 1 Yogyakarta menceritakan pengalamannya ketika berada di perkemahan tersebut.

“Kegiatan hari pertama itu upacara pembukaan, bangun tenda, latihan teknik kepramukaan, pengenalan Saka Kalpataru. Hari kedua senam pagi, praktik Krida di Kalpataru, Eco Maping, dan malemnya kita ada api unggun sekaligus Pensi. Hari terkhir kita ada senam pagi lagi, diskusi Rencana Tindak Lanjut (RTL), bersih-bersih sekalian bongkar tenda, lalu upacara penutupan dan pengumuman pemenang,” ujar Raudy menjelaskan kegiatan di perkemahan.

Tak lupa juga Azmy turut mengungkapkan kesan-kesannya. “Dari kemah kalpataru kemarin aku belajar banyak sekali. Di sana peserta dikasih banyak sekali materi tentang lingkungan dan alam, serta cara menjaganya dengan baik dan benar. Aku juga kagum banget sama Saka Kalpataru dan  juga DLH, karena mereka itu punya hati yang tulus nan baik. Dengan hati yang tulus itu mereka menjaga alam dan mengajak orang-orang serta masyarakat untuk turut menjaga lingkungan terutama terkait pelestarian alam dan pemilahan sampah dari sumbernya yaitu rumah tangga. Dari kemah kemarin, harapanku makin besar. Aku mikir, andai semua warga Indonesia punya kesadaran yang sama seperti orang-orang yang sudah sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan dan pemilahan sampah, Indonesia akan bebas dari masalah sampah yang sudah menjerat dan berada di ujung tanduk ini," ujar Azmy mengakhiri sesi wawancara. (niz/ar) 


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07