Arimbi Kusuma Wardhani, Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Harapan 1 Lomba Macapat Kota Yogyakarta

28 Aug 2022, 21:51 MAN 1 Yogyakarta 388

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yk) -- Budaya adalah keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

Budaya memengaruhi banyak aspek kehidupan, di antaranya agama, adat istiadat, politik, bahasa, pakaian, bangunan, hingga karya seni.

Dalam budaya masyarakat jawa, salah satu karya seni yang hingga kini terus diusahakan agar tetap lestari adalah karya seni macapat. Karya seni berupa tembang atau puisi berbahasa jawa ini memiliki ciri khas dan keindahan yang sangat autentik.

Pada masa modern seperti saat ini, akulturasi budaya begitu mudah terjadi. Hal tersebut terkadang memudarkan budaya asli dari suatu daerah. Maka sudah menjadi tugas bagi insan-insan muda untuk mengenal dan melestarikan budayanya.

Arimbi Kusuma Wardhani, siswi kelas XII Bahasa-Budaya MAN 1 Yogyakarta, adalah satu dari sekian banyak insan muda yang dengan senang hati berupaya melestarikan karya seni macapat.

Arimbi, sebagaimana ia biasa dipanggil, baru saja meraih juara harapan 1 pada lomba macapat tingkat Kota Yogyakarta pada, Kamis(25/08/2022).

Kompetisi Macapat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta ini diikuti oleh 5 finalis yang kemudian akan diambil 3 terbaik untuk melanjutkan perjuangan di tingkat provinsi.

”Alhamdulillah, rasanya lumayan lega setelah mendapat pemngumuman menjadi juara harapan 1. walaupun belum bisa melanjutkan ke tingkat provinsi tapi saya tetap bersyukur dengan prestasi baru ini,” ujar siswi yang begitu gemar menyanyi ini.

Persiapan matang menjadi modal bagi Arimbi meraih kesuksesannya pada lomba tersebut. Dengan dibimbing oleh Ibu Dina Wahyuningtyas, selaku guru Bahasa Jawa MAN 1 Yogyakarta, persiapan Arimbi bisa dikatakan telah mencapai seratus persen.

Kesulitan selama perlombaan diungkapkan Arimbi adalah saat ia harus duduk bersimpuh di lantai menggunakan busana jawa lengkap. Hal tersebut merupakan kebutuhan stage act sebagai totalitas Arimbi mengikuti ajang tersebut.

Setelah berhasil meraih prestasi baru pada bidang kesenian membuat Arimbi semakin mantap untuk memilih melanjutkan pendidikannya selepas lulus dari MAN 1 Yogyakarta nanti dengan mengambil jurusan seni.

Passion dan pengalaman yang telah dilalui Arimbi membuktikan jika kesenian telah menjadi teman akrab yang tidak bisa lepas dari dirinya.

Semoga kesuksesan-kesuksesan yang telah didapat putri dari pasangan Kelik Triyono Adhi dan Sri WIdayati ini dapat menjadi modal baik untuk meraih kesuksesan yang jauh lebih besar di suatu saat nanti. (bai/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01