Abyasa, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak Olimpiade Wawasan Nasional (OWN) Tahun 2021

11 Sep 2021, 07:16 MAN 1 Yogyakarta 744

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Abyasa, siswa semester 5 Peminatan MIPA MAN 1 Yogyakarta, berhasil meraih medali perak pada Olimpiade Wawasan Nasional (OWN) dalam rangka memperingati HUT RI yang diselenggarakan oleh Insight Garuda Cup (IGC), Ahad (5/09/2021). 

Tutur siswa yang akrab disapa Aby ini,  merupakan suatu kebanggaan tersendiri, bertanding melawan partisipan-partisipan yang tangguh seluruh Indonesia. Ungkapnya, dalam ajang tersebut adalah sebagai pengalaman akademik dan untuk mengasah kemampuannya dalam bidang Wawasan Nasional. 

Dalam mengerjakan soal-soal olimpiade tersebut, Aby merasa itu merupakan tantangan tersendiri. Memulainya dari yang mudah dan kemudian menyelesaikan soal yang lebih rumit, karena jawaban yang salah akan dinilai minus 1. Selain itu, batasan waktu yang diberikan juga harus diperhatikan. 

Aby bercerita bahwa tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti olimpiade ini. Kuncinya adalah fokus dengan pertanyaan yang ada, agar jawaban yang dipilih tepat. Untuk persiapan, dia hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja untuk belajar setiap harinya. Dengan mengikuti olimpiade ini, ia merasa dapat menambah wawasan dan prestasi selagi ada kesempatan untuk mengikutinya.

"Persiapannya bisa dibilang lumayan, karena saya tidak memaksa/mempressure diri saya berlebihan untuk juara atau meraih medali, saya hanya berharap mendapat yang maksimal, mungkin untuk spesifiknya belajar dalam sehari 45 menit cukup," ungkapnya. 

Ia juga menambahkan, mengikuti olimpiade ini salah satunya dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas selama pandemi dengan kegiatan positif dan juga dia ingin membanggakan orang tua serta nama sekolah. Mengenai berjalannya kegiatan, “Sepenuhnya alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala, sedikit kendala dalam soal karena tingkat kesulitannya sudah advanced. Kembali meraih medali di olimpiade-olimpiade berikutnya dengan cara berusaha lebih maksimal dan belajar lebih giat,” ujarnya. 

Terakhir dia memberikan harapan buat teman-temannya bahwa “Sebagai siswa harus tetap semangat belajar. Buat temen-temen Alnesa yang lain, kenali potensi kalian, tekuni, latih, buktikan kalau kita semua bisa sukses di bidang masing-masing,” pungkasnya. (srn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pukau Asesor, Kepala MAN 1 Yogyakarta Presentasikan Program Unggulan
17 Sep 2024, 14:30

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45