5 Siswa KIR LIBA MAN 1 Yogyakarta Raih Gold Medal 2nd Indonesia International Iot Olympiad 2023

20 Jun 2023, 07:29 MAN 1 Yogyakarta 641

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yk) -- Siswa siswi MAN 1 Yogyakarta kembali meraih presatasi demi prestasi. Kali ini pada ajang penelitian dan inovasi oleh Tim KIR LIBA MAN 1 Yogyakarta. Tim yang beranggotakan 5 siswa tersebut berhasil meraih penghargaan Gold Medal tingkat internasional pada ajang 2nd Indonesia International Iot Olympiad 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala, Aceh, Selasa-Sabtu (13-17/6/2023).

Tim yang beranggotakan 5 siswa tersebut terdiri atas; Ordelia Austrin (kelas XI MIPA 1), Maryam Zalfaa Aurelia (kelas XI MIPA 1), Noor Hanifah Ar-rasyid (kelas XI Bahasa-Budaya), Rikza Anung Andita P, (kelas XI MANPK), dan Nur Rohmad (kelas X-E).

Pada ajang perlombaan tersebut, mereka mengajukan sebuah alat bernama Transaver. Alat tersebut merupakan inovasi yang bertujuan untuk membantu tenaga medis dalam mendistribusikan alat atau bahan medis kepada pasien. Menurut Ordelia selaku ketua tim, alat tersebut terinspirasi atas kejadian pandemi yang terjadi kurang dari setahun yang lalu.

”Melalui pandemi covid19 kemarin, kita sadar bahwa penularan virus dapat terjadi dengan mudah dan luas. Apalagi bagi mereka yang bekerjadi di rumah sakit atau tempat medis lain. Kami berharap melalui Transaver ini dapat mengurangi resiko penularan virus dari pasien di ruamh sakit.” jelas Maryam Zalfaa Aurelia.

Sebelum akhirnya mendapati juara pada kompetisi tersebut, Ordelia bersama tim telah menjalani persiapan yang cukup matang dan panjang. Beberapa hambatan tak jarang terjadi selama persiapan hingga perlombaan. ”Kami bersyukur lomba ini berjalan lancar dan mendapat raihan yang memuaskan.” tambah Rikza.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan rasa syukur atas prestasi ini, serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lima siswa tersebut. ”Semoga menjadi hasil yang penuh manfaat dan berkah untuk prestasi-prestasi lain ke depannya, serta menjadi inspirasi dan motivasi bagi siswa para siswa,” harapnya. (bai/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54