Tim PMR MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Lomba Pertolongan Pertama

27 May 2023, 18:19 MAN 1 Yogyakarta 371

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Tim Palang Merah Remaja (PMR) MAN 1 Yogyakarta baru-baru ini mengukir prestasi, berhasil meraih Juara 2 Lomba Pertolongan Pertama, yang diadTeladan Junior Red Cross (TJRC), Sabtu (20/05/23) di SMAN 1 Yogyakarta.

Terdapat empat anggota Tim PMR MAN 1 Yogyakarta yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu; Salsa Alfiya (XI MIPA 1) sebagai peserta kategori pertolongan pertama individu, Atha Rafi Junanda (XI PK), Saka Asyraful (XE), dan Firdaus Khoirul Haq (XA) sebagai peserta kategori pertolongan pertama kelompok. Meski begitu, presentase dalam penilaian lomba ini dijadikan satu antara individu dan kelompok yang membawa mereka menjadi juara 2.

Salsa Alfiya, sebagai ketua PMR DKD 28, saat dihubungi, menuturkan, bahwa persiapan yang dilakukan oleh Tim PMR MAN 1 Yogyakarta adalah dengan latihan rutin setiap harinya sejak dua minggu sebelum pelaksanaan lomba.

“Pada awal latihan, kami berlatih keterampilan dasar seperti; cara membuat mitela yang baik di pendarahan beberapa bagian tubuh, cara membidai, cara menghitung nadi dan nafas serta menentukan frekuensi yang normal. Setelah semua hal dasar tersebut sudah kami pelajari, dilanjutkan dengan menangani kasus secara realistis dan mengikuti seluruh prosedur yang ada. Tak lupa, kami juga mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum melaksanakan lomba, diiringi doa restu dari berbagai pihak,” ujarnya.

Salsa mengaku, ini adalah lomba pertama yang diikuti olehnya dan teman-teman. Oleh karena itu, menurutnya kesan yang pertama dirasakan ialah nervous. Namun, mereka tetap berusaha menjaga ketenangan saat lomba untuk meminimalisir terjadiya kesalahan demi mendapatkan kemenangan.

“Kami sempat melakukan satu kesalahan dan membuat kami pesimis, tetapi kami doa dan tawakal,” pungkasnya.

Akhirnya, seluruh perjuangan oleh Tim PMR MAN 1 Yogyakarta membuahkan hasil berupa peraihan juara 2. Mereka pula mengakui rasa senang dan bangga yang tak terhingga serta ucapan syukur kepada Tuhan tak henti-hentinya mereka panjatkan. (nad/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50

Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT
15 Mar 2024, 13:43

MAN 1 Yogyakarta Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan
15 Mar 2024, 09:43

Kankemenag Kota Yogyakarta Beri Arahan Rapat Kerja MAN 1 Yogyakarta Tahun 2024
14 Mar 2024, 17:42