Sosialisasi SNPDB MANPK MAN 1 Yogyakarta Tahun 2023, Program Unggulan Berbeasiswa Kemenag RI

25 Jan 2023, 17:44 MAN 1 Yogyakarta 963

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Program Unggulan Kemenag RI, Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MANPK) tahun pelajaran 2023/2024 telah dibuka. Hal ini menjadi peluang dan kesempatan emas bagi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau sederajat untuk mendapatkan program unggulan ini. 

Ada sepuluh madrasah yang ditunjuk menyelenggarakan program unggulan ini, yaitu MAN 2 Kota Padang Panjang, MAN 1 Ciamis, MAN 1 Yogyakarta, MAN 1 Surakarta, MAN 4 Jombang, MAN 1 Jember, MAN 2 Samarinda, MAN 4 Banjar, MAN 3 Makassar, dan MAN 2 Mataram NTB. 

Agar masyarakat mendapatkan informasi yang maksimal, MAN 1 Yogyakarta bersama Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, menggelar pertemuan dengan Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) baik negeri maupun swasta se-DIY, Rabu (25/01/2023), di Aula lantai 3 Kanwil Kemenag DIY. 

Kegiatan ini dihadiri Kabag TU Kanwil Kemenag  DIY H.Muntolib, S.Ag, M.Si, Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY, H. Abd. Su'ud, S.Ag, dan Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum. 

Muntolib yang mewakili Kakanwil Kemenag DIY Dr.H.Masmin Afif M.Ag berharap, melalui agenda rutin yang digelar kementerian agama ini, agar seluruh civitas akademika yakni guru dan kepala madrasah, untuk aktif menyosialisasikan SNPDB MANPK ini. 

“Silakan sosialisasikan, adakan pertemuan dan zoom meeting dengan orang tua wali. Ini penting untuk memacu prestasi anak-anak kita. Kita harus bersinergi dan berkolaborasi,” pintanya.

Abd. Su’ud menambahkan, MANPK merupakan satu dari madrasah unggulan kementerian agama RI, yaitu MAN Insan Cendekia (IC), MAN Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). “Kita harus bangga dengan apa yang kita miliki (madrasah unggulan), mohon kerjasamanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Yogyakara Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd berharap partisipasi  seluruh Madrasah Tsanawiyah se-DIY dapat berpartisipasi aktif, dan memanfaatkan peluang dan kesempatan ini. “Silakan gunakan kemudahan dan kesempatan ini dengan sabaik-baiknya,” harapnya.

Wakamad Bidang Humas Dr.Suyanto, M.Pd. dalam presentasinya menjelaskan, di antara tujuan MANPK adalah menghasilkan peserta didik yang kompeten dalam bidang keagamaan (tafaqquh fiddin); kompeten dalam bidang kebahasaan asing (minimal Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) dan bidang wawasan dan khazanah keislaman. “Menyiapkan kader ulama yang berwawasan keislaman, keindonesiaan dan kemodernan,” terangnya.

Ungkapnya, banyak Alumni MANPK jilid pertama telah membuktikan hal tersebut. Mereka saat ini menduduki peran penting di masyarakat luas, baik pemerintahan maupun swasta. Antara lain; Rektor IAIN Surakarta: Mudofir, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri: Subhan Cholid dan Direktur Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Noorhaidi Hasan, dan banyak lagi.

Lanjutnya, pendaftaran SNPDB  dengan tiga jalur. Pertama, Jalur Prestasi: Juara 1, 2, dan 3 Tingkat Propinsi pada kegiatan (MTQ, MQK, MYRES, KSM, Olimpiade Bahasa Arab/ Bahasa Inggris, dan Lomba Pidato Bahasa Arab/ Bahasa Inggris) berdasarkan rekomendasi kepala madarasah/sekolah asal dengan melampirkan salinan bukti piagam yang dilegalisir kepala madarasah/ sekolah dengan cap dan tanda tangan asli. Memiliki hafalan Al Quran minimal 15 juz yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kedua, jalur tes adalah seleksi bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/ SMP Negeri dan Swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Ketiga, Jalur Siswa Internasional melalui seleksi portofolio dan tes wawancara bagi siswa terbaik lulusan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), atau Sekolah setingkat MTs di luar negeri.

Informasi lengkap tentang pendaftaran SNPDB MANPK dapat diakses pada https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/ppdb/madrasah/man_pk. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50

Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT
15 Mar 2024, 13:43

MAN 1 Yogyakarta Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan
15 Mar 2024, 09:43

Kankemenag Kota Yogyakarta Beri Arahan Rapat Kerja MAN 1 Yogyakarta Tahun 2024
14 Mar 2024, 17:42