Pengajian Keluarga MAN 1 Yogyakarta: Bijak Menyikapi Hujan

31 Oct 2022, 10:46 MAN 1 Yogyakarta 468

this used to be photo

Sleman (MAN 1 YK) -- Semua peristiwa alam yang terjadi di muka bumi ini merupakan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah Swt., termasuk hujan. Peristiwa alam ini harus dimaknai sebagai rahmat Allah Swt kepada umat manusia dan seluruh alam semesta, yang wajib disyukuri. Sayangnya, sebagian orang tidak bijak menyikapi hujan ini, bahkan mengeluh dan mencela pada peristiwa alam ini. 

Hal tersebut diungkapkan Penceramah H.Ahmad Fauzi Satriono, S.Ag, MA. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Minggir, Sleman Yogyakarta, dalam Pengajian Keluarga MAN 1 Yogyakarta, Ahad (31/10/2022) pagi, di Pendopo Warung Sego Welut, Jl. Godean - Seyegan No.Km.1, Jowah, Sidoluhur, Godean, Sleman, Yogyakarta.

“Dialah, yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.,” ungkap Ahmad Fauzi, mengutip terjemah Al-Quran surat A-Anahl ayat 10.

Ia mengajak jamaah pengajian, untuk senantiasa bersyukur. Menurutnya, hujan merupakan rahmat dan nikmat dari Allah Swt. “Kalau hujan turun, ojo sambat (jangan mengeluh), hujan itu berkah,” ujarnya.

Bahkan ungkapnya, hujan turun merupakan waktu istimewa dikabulkannya doa. “Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun,” tuturnya.

Lanjutnya, ada beberapa etika yang diajarkan oleh Rasulullah Saw, saat menghadapi fenomena alam tersebut. Antara lain, dianjurkan untuk berdoa. Terutama, doa ketika hujan turun, "Allahumma shoyyiban naafi'an (Duhai Allah, turunkanlah pada kami hujan (lebat) yang bermanfaat)". (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00