Menuju Zona Integritas, MAN 1 Yogyakarta Sambut Penilaian Tahap 2 oleh Penilai Internal Dirjen Pendis Kemenag RI

24 Mar 2022, 05:45 MAN 1 Yogyakarta 1085

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Untuk menuju zona integritas: Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, MAN 1 Yogyakarta telah berusaha maksimal. Hal ini disampaikan Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd dalam menyambut Penilaian Tahap 2 Penilai Internal Dirjen Pendis Kemenag RI, Kariadi, Rabu (23/03/2022) pagi, di Aula lantai 2.

Ungkapnya, langkah-langkah Zona Integritas (ZI) telah ditempuh, mulai pembentukan surat keputusan, sosialisasi, dan time line kerja, yang meliputi enam area perubahan, yaitu: manajemen perubahan, penatalaksanaan, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ketua Tim Pembangunan ZI, yang juga Wakamad Bidang Humas Dr.Suyanto, M.Pd., dalam presentasinya menambahkan, jauh sebelum ditunjuk sebagai pilot project Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2021, MAN 1 Yogyakarta telah membangun budaya anti korupsi di madrasah.

Ada beberapa yang menunjang pembangunan ZI, antara lain; pendidikan anti korupsi sejak dini ‘Kita VS Korupsi 2012’, Pembelajaran Anti Korupsi bersama Wakil Ketua KPK Dr.H.M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum tahun 2014.
Kemudian, bekerjasama dengan KPK dalam program Anti-Corruption Learning Center tahun 2015, Penguatan pendidikan karakter anti korupsi telah masuk ke dalam kurikulum MAN 1 Yogyakarta di setiap mata pelajaran sejak tahun 2016.

Pembentukan karakter jujur pada siswa melalui layanan program Kantin Kejujuran Tahun 2017, Mainstreaming Integritas Stakeholder MAN 1 Yogyakarta melalui Talkshow Eksistensi Madrasah Mewujudkan Pemimpin yang berintegritas dan bermartabat 2018, Membangun Kesadaran Hukum dan Integritas siswa melalui Kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam bentuk Kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan. 

Penilai Internal Dirjen Pendis Kemenag RI telah mendampingi dan mengecek kesiapan MAN 1 yogyakarta dalam penilaian zona integritas. Tampak semua dokumen tertata rapi. Secara bertahap, penilai juga menkonfirmasi setiap dokumen kepada guru dan pegawai madrasah yang bertugas.

Dalam acara penutupan penilaian internal ini, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada penilai yang telah membimbing dan mendampingi guru dan pegawai yang bertugas dalam pembangunan zona integritas.

“Terima kasih atas pendampingan dan penilaian hari ini, komitmen kita bersama, zona integritas terus kita kuatkan, masukan dan koreksi dari penilai segera kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Sementara itu, Kariadi menyampaikan hasil monitoring dan hal-hal yang perlu diperbaiki dan dilengkapi. “Semoga MAN 1 Yogyakarta lolos pada penilaian tahap selanjutnya. Terima kasih atas kerjasamanya, semoga zona integritas ini bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50

Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT
15 Mar 2024, 13:43

MAN 1 Yogyakarta Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan
15 Mar 2024, 09:43

Kankemenag Kota Yogyakarta Beri Arahan Rapat Kerja MAN 1 Yogyakarta Tahun 2024
14 Mar 2024, 17:42