MAN 1 Yogyakarta Gelar Penguatan Motivasi Literasi dan Menulis Bersama Patrick Kellan

23 Sep 2022, 06:54 MAN 1 Yogyakarta 556

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Literasi dan Menulis, Kamis (22/09/2022) pagi, di Aula lantai 2. Kegiatan ini diikuti oleh 150 siswa (kelas XI dan perwakilan dari tiap kelas X). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan minat dan kualitas literasi dan menulis pada siswa MAN 1 Yogyakarta.  

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula MAN 1 Yogyakarta tersebut, hadir Narasumber Patrick Kellan yang berasal dari Lampung. Narasumber adalah seorang penulis fiksi yang telah sukses menghasilkan 18 novel solo. Dia juga sudah memiliki toko buku dan merchandise sendiri di Bandar Lampung. Dan juga telah memiliki penerbitan sendiri yaitu Patrick Kellan Publisher. 

Dalam motivasinya, Patrick menyampaikan berbagai tips agar sukses menulis. Antara lain, agar mampu menulis harus dimulai dengan banyak membaca. Maka anak sebaiknya memulai konsisten membaca meski awalnya dengan cara dipaksa. Sesudah terpaksa membaca maka kita akan tertarik untuk menulis. 

Tetapi menulis bukanlah kegiatan yang harus dipaksa, karena memang terkadang untuk menulis dibutuhkan kesiapan, waktu, dan mood yang bagus. Maka apabila merasa letih dalam menulis lebih baik istirahat terlebih dahulu.

Narasumber juga menyampaikan bahwa menulis juga dapat menjadi mata pencaharian dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga jika ditekuni, akan bisa menghasilkan bonus yang bermanfaat lebih selain menyalurkan hobi dan berbagi ilmu. Pada akhir presentasi Patrick Kellan menjawab  antusiasme siswa yang banyak menanyakan hal yang mereka merasa belum jelas. Para siswa yang aktif bertanya kemudian mendapatkan doorprize dari madrasah. 

Patrick Kellan juga menyumbangkan sejumlah buku untuk MAN 1 Yogyakarta yang diterima oleh Kepala Perpustakaan Sulistyaningsih, S. Pd. Penulis novel Moral Code, Love Van Java, Khair Hamiz, Black House, Love Codes, dan lain-lain ini berusaha menyebarkan semangat literasi ke seluruh negeri, terutama semangat literasi pada anak sekolah. 

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M. Pd. menyampaikan, “MAN 1 Yogyakarta menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada narasumber Patrick Kellan. Yang jauh-jauh dari Lampung berkenan datang ke Yogyakarta untuk menyampaikan ilmu dan menggugah semangat anak-anak dalam literasi. Setelah ini seluruh siswa diharapkan cinta membaca dan menulis. Serta bisa banyak berkarya untuk penguatan literasi di Indonesia.” (nrh/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50