Kembali Cetak Prestasi, Fadhil, Siswa MAN 1 Yogyakarta Bawa Pulang Medali KOSSMI

29 May 2024, 19:43 MAN 1 Yogyakarta 387

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Ahmad Fadhil atau kerap disapa Fadhil, siswa kelas XI A MAN 1 Yogyakarta, berhasil meraih juara Silver Medals dalam KoSSMI (Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) Bidang Geografi Tingkat nasional 2024, Ahad (26/5 /2024). 

Fadhil mengungkapkan bahwa lomba ini sama seperti lomba-lomba pada umumnya yaitu memiliki 3 tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari penyisihan, semifinal, dan yang terakhir yaitu  final.

“Sama seperti lomba-lomba yang lain, ketika ada lomba aku selalu mereview materi yang sudah aku pelajari. Jujur saat di tahap penyisihan dan semifinal aku tidak terlalu serius saat belajar, aku paling cuman baca materi H-1 yang aku anggap susah sebelum lomba itu dimulai,” ujar Fadhil.

Fadhil juga mengungkapkan bahwa ketika dirinya sudah lolos ke tahap Final ia mulai signifikan untuk membaca ulang semua materi yang sudah ia pelajari karena soal-soal yang akan di ujikan merupakan dalam bentuk essay, hingga dirinya juga mereview semua materi yang sudah ia catat bahkan dari pagi hingga malam hari. 
“Nah, di tahap final aku mulai agak serius karena soal yang diujikan nanti dalam bentuk isian dan essay, walaupun tidak serius banget. Di H-7 aku all out untuk KoSSMI ini, mereview seluruh materi yang sudah pernah aku catat dari pagi sampai malam. Di H-3 aku sudah agak santai, tidak se-intensif hari-hari sebelumnya karena mulai merasa capek, palingan 2-3 jam aja,” ungkapnya.

Ketika tes, Fadhil bercerita kalau ia merasa gugup karena dirinya tertinggal satu sub soal essay perhitungan. Fadhil sempat merasa cemas dan overthingking ketika tiba saatnya pengumuman. Berkat usaha, doa, dan kerja kerasnya, Fadhil berhasil meraih Silver Medal. Tentunya hal ini menjadi sebuah peningkatan dan pencapaian. Tahun 2023 lalu ia mendapat Honorable Mention.

“Waktu mendengarkan pengumuman entah kenapa deg-degan banget, eh ternyata alhamdulillah bisa dapet silver. Pastinya seneng banget. Sebuah peningkatan karena di tahun 2023 cuman bisa dapat honorable mention,“ tuturnya.

“Alhamdulillah, bersyukur dan senang sekali bisa mengikuti lomba ini, lumayan buat mengisi waktu-waktu buat kegiatan yang bermanfaat. Pesanku buat yang lain, jangan takut dan jangan lelah buat mengikuti lomba-lomba; selain buat mengisi waktu luang, manfaatnya sangat banyak sekali,” ujar Fadhil mengakhiri sesi wawancara. (niz)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Berbagi Pengalaman dan Ilmu Baru, Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Study Discussion
26 Jul 2024, 21:27

Demi Lanjutkan Prestasi Apik di OSN dan KSM, MAN 1 Yogyakarta Jaring Anggota Baru
26 Jul 2024, 21:19

Siapkan Studi Lanjut Luar Negeri, MAN 1 Yogyakarta Gandeng English Academy Ruang Guru
26 Jul 2024, 19:59

Suarakan Aspirasi, MPS MAN 1 Yogyakarta Gelar Sarasehan Aspirasi Siswa
26 Jul 2024, 08:06

Delegasi Raicab Pramuka MAN 1 Yogyakarta Berbagi Pengalaman Usai Upacara Penerimaan Duta Ambalan
25 Jul 2024, 17:05