Harumkan Nama Madrasah, Tiga Siswi Kelas 11 Raih Juara Harapan 1 LKTI Tingkat Nasional

16 Feb 2024, 14:29 MAN 1 Yogyakarta 454

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) – Beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Ahad, (11/2/24) tiga orang siswi dari MAN 1 Yogyakarta berhasil mengharumkan nama sekolah dan meraih Juara Harapan 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional pada Festival Elektronika dan Instrumentasi yang diselenggakaran oleh UGM. Perlombaan tersebut berlangsung di  Gedung Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM. 

Tiga orang siswi kelas 11 tersebut yaitu Nafisah Kusumaningrum, Novia Ayu F, dan Dania Hafiza sama-sama tertarik dengan dunia penulisan karya ilmiah dan pernah mengikuti beberapa kompetisi di bidang terkait.

Sebagai seorang siswi yang kewajiban utamanya adalah belajar, perjuangan tiga siswi tersebut tentunya cukup melelahkan. Hambatan-hambatan yang dialami juga cukup beragam. Mulai dari materi serta teori Fisika yang belum dipelajari di sekolah, serta beberapa kesulitan lain terkait pencarian informasi maupun data dalam penelitian.

“Dari mulai tahap pertama menentukan ide penelitian, kemudian menyusun abstrak yang menjadi penentu untuk lolos di full paper. Di tahap ini juga tidak mudah, karena kami harus bersaing dengan sekolah lain yang tidak kalah keren, sehingga dibutuhkan ketelitian, serta kesungguhan untuk metode penelitiannya,” ujar Dania, salah satu perwakilan, saat memaparkan tahapan-tahapan yang diikuti ketika mengikuti lomba.

Selain untuk mengharumkan nama orang tua serta sekolah sekaligus mendapatkan pengalaman baru, Dania mengungkapkan bahwa ia juga termotivasi untuk ikut serta dalam perlombaan ini karena ingin mengintip kampus UGM yang merupakan perguruan tinggi impiannya.

“Buat teman-teman sekalian, jangan ragu buat ikut lomba seperti ini. Selagi masih ada waktu sebelum naik kelas 12 dan pikiran kita juga masih fresh ini saatnya kita untuk mengasah minat dan bakat masing-masing. Jangan mempersoalkan menang atau kalah, yang terpenting yaitu usaha dan doa, serta tak lupa juga restu dari orang tua,” tuturnya memberi motivasi kepada seluruh siswa MAN 1 Yogyakarta dalam wawancara pada Rabu, (14/2/24). (chzl/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50