Hadir di MQ Radio FM, MAN 1 Yogyakarta: Perpustakaan Digital dan Literasi Madrasah Tanamkan Nilai-nilai Luhur

04 Oct 2022, 10:22 MAN 1 Yogyakarta 641

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta terus berupaya untuk menguatkan budaya literasi di madrasah dan mengadaptasi perubahan zaman. Antara lain dengan memberi layanan perpustakaan yang fleksibel dan menarik, serta penambahan fasilitas pepustakaan digital yang mudah diakses.

Hal tersebut terungkapkan dalam acara Inspirasi Niaga MQ FM Jogja (9.32 FM), bersama MAN 1 Yogyakarta, dengan tema “Perpustakaan Digital dan Literasi Madrasah”, Senin(03/10/2022), di Graha Universitas Amikom Yogyakarta, Gedung 1 Lantai 2 Condong Catur Depok Sleman Yogykarta, dan disiarkan secara langsung melalui chanel youtube: https://www.youtube.com/watch?v=kzOcWUG5tnM 

Acara yang dipandu oleh presenter Qonita Jasmine ini, dihadiri segenap narasumber dari madrasah; Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd I., Wakamad Bidang Humas Dr.Suyanto, M.Pd., Kepala Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta Sulistiyaningsih, S.Pd., dan Staff Humas Endang Sri Utami, M.Pd.

Wiranto mengungkapkan, madrasah sangatlah konsen dalam menguatkan budaya literasi. Tidak sebatas jargon yang diucapkan saja, tetapi diwujudkan dalam program dan kegiatan yang nyata. Antara lain meningkatkan layanan perpustakaan yang menarik, mudah dan fleksibel, serta menambahkan dengan fasilitas perpustakaan digital yang mudah akses.

“Cipta kondisi (miliu) sangat penting, untuk mendukung budaya literasi, kalau sistem sudah terbentuk, insya Allah jalan. Melalui literasi kita bisa menanamkan budi pekerti dan nilai-nilai luhur,” ujarnya.

Kepala Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta, Sulistyaningsih, S.Pd., menambahkan; untuk meningkatkan minat baca civitas akademika: siswa, guru, dan pegawai, pihaknya mengadakan beberapa program. Antara lain, apresiasi king of reader untuk siswa dan siswi pada peringatan Bulan Bahasa, apresiasi juga diberikan pada guru dan pegawai yang paling banyak mengakses perpustakaan, pengadaan ‘Angkringan Buku’, menjalin kerja sama dengan penerbit untuk menerbitkan buku-buku karya siswa, guru dan pegawai, menggelar lomba; cipta puisi lima bahasa, cerpen, serta menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif di perpustakaan. 

Sedangkan Endang Sri Utami mengungkapkan, penguatan budaya literasi juga ia lakukan saat pembelajaran di perpustakaan. Yakni, saat anak-anak mengantre untuk speaking, bagi siswa yang sudah melaksanakan tugas, diberi tugas untuk membaca buku. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00