Asyik dan Inspiratif!, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Olahraga Bersama dan LKK

06 Sep 2022, 22:33 MAN 1 Yogyakarta 568

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Pramuka MAN 1 Yogyakarta adakan kegiatan olahraga bersama, dilanjut dengan Latihan Ketrampilan Khusus (LKK), Ahad (04/09/2022) pagi, di Embung Langensari. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota Dewan Ambalan, Biro, serta bersama keluarga baru yakni calon biro.

Kegiatan yang untuk mengasah keterampilan ini, diawali dengan Jogging bersama di sekitar Embung Langensari, dan dilanjutkan dengan pemberian materi.

Materi pertama; Ilmu Medan, Peta dan Kompas (IMPK) yang dipandu oleh Siti Baroroh. Pemaparan yang disampaikan dengan jelas dan lugas, sehingga peserta mudah memahami materi ini. Setelah selesai pemaparan, para peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat Peta Lapangan dengan 3 titik dalam waktu 10 menit. 

Para peserta segera melaksanakan penugasan tersebut dengan segala peralatan yang telah disiapkan. Mulai dari protaktor, kompas, penggaris, serta Alat Tulis Kantor (ATK) lain, semua alat tersebut dimaksimalkan oleh tiap kelompok.

Setelah selesai, semua kelompok Kembali ke titik kumpul untuk melakukan evaluasi. Baroroh memberi beberapa koreksi terhadap pengerjaan masing-masing kelompok.

Selanjutnya beralih ke materi kedua, yakni Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dipandu Wibisono. Ia memulai pemberian materi dengan menjelaskan tentang pengetahuan dasar PPGD. 

Pemateri yang akrab disapa Kak Wibi ini, mempraktikkan berbagai teknik dalam PPGD dengan media alat mitela. Tampak para peserta sangat antusias dalam menyimak materi ini karena tekniknya menarik perhatian. 

Setelah selesai pemaparan materi, para peserta dibagi menjadi 2 kelompok, yakni putra dan putri. Mereka mempraktikkan beberapa teknik yang sudah dijelaskan Kak Wibi. Mulai dari teknik pembalutan dengan mitela, pembuatan tandu (dragbar), serta berbagai teknik lainnya.

Sama seperti sebelumnya, setelah praktik para peserta diberikan evaluasi mengenai bagian apa saja yang kurang. Setelah selesai evaluasi, kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi. (ats/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00