8 Siswa MANPK MAN 1 Yogyakarta Raih Beasiswa Unggulan Perguruan Tinggi Favorit

15 May 2023, 11:23 MAN 1 Yogyakarta 791

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Melanjutkan pendidikan tinggi setelah lulus, tentunya menjadi impian para pelajar SMA/sederajat, apalagi bisa mendapatkan beasiswa kuliah. Seperti yang dialami oleh 8 Siswa MANPK MAN 1 Yogyakarta Alumni Tahun 2023, yang baru-baru ini berhasil mendapatkan beasiswa penuh di perguruan tinggi favorit.

4 Siswa diterima di Universitas Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya; Ahmad Nu'aim Zaidan (Prog. Studi Agama Agama), Muh. Fajar Hasan ar Ridlo (Prog. Studi Agama Agama), Rafi Dyan Saputro (Prog. Studi Perbandingan Madzhab), Wildan Zikri Ardinza (Prog. Studi Manajemen Zakat dan Wakaf). Sedangkan 4 siswa lainnya, diterima di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta; Fauzan Kurnia Zain (Manajemen Ip), Muhammad Haaziq Bujang Syarif (Hukum), Ahmad Aufa Onnajiha (Manajemen), dan Mochammad Farhan Mumtaz (Hukum).

Empat siswa yang diterima di UII Yogyakarta, selama studi akan bertempat tinggal di asrama Pondok Pesantren UII, Jalan Selokan Mataram, Dabag, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka akan mendapatkan materi perkuliahan dan kurikulum pondok pesantren UII, serta pengabdian usai studi di perguruan tinggi tersebut. 

“Aku ambil Manajemen IP tentunya di UII aku akan dapat ilmu manajamen, sekaligus ilmu agama karena aku tinggal di pondok pesantren,” ujar Fauzan Kurnia Zain, saat dihubungi, Senin (15/05/2023). 

Ahmad Aufa Onnajiha  menceritakan, Ia mendapat Beasiswa Santri Gelombang 1. Lanjutnya, Beasiswa ini menerapkan seleksi penelusuran siswa berprestasi yang mendaftar. Seleksinya berupa tiga tahapan seleksi berkas, ujian tulis, dan wawancara (Materi kepesantrenan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, tes psikologi).

“Beasiswanya fully funded dengan syarat mampu mempertahankan prestasi dan nilai IPK yang ditentukan,” ungkapnya.

Kanit Pontren MAN 1 Yogyakarta Latifah Rahmawati, M.Pd merasa bangga kepada siswa MANPK yang berhasil mendapat beasiswa. Ungkapnya, dari tahun ke tahun selalu ada siswa MANPK yang mendapat beasiswa UII. 

"Semoga anak-anak yang telah lolos di program beasiswa UII ini ke depannya studinya diberi kemudahan dan kelancaran serta bisa semakin berprestasi, mereka adalah anak-anak pilihan. Ibu yakin mereka bisa memberikan yang terbaik serta memberi contoh dan motivasi adik-adik kelas untuk bisa mengikuti jejak mereka," harapnya. 

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada siswa MANPK tersebut. Menurutnya, meraih kesempatan studi lanjut dengan beasiswa penuh di perguruan tinggi tidaklah mudah, banyak tahapan dan seleksi yang ketat, yang harus dilalui. Tentu hal ini akan memotivasi dan menginspirasi para siswa, bahwa banyak jalan untuk meraih kesuksesan, salah satunya lewat beasiswa unggulan (prestasi). 

“Terima kasih kepada Ananda semua, kesungguhan kalian membawa nama baik madrasah dan orang tua, dan terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung kesuksesan siswa MAN 1 Yogyakarta,” pungkasnya. (cny/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50